by

Citeko Diterjang Longsor, Jalan Cikopo Selatan Sempat Tertutup

Hallobogor.com, Kabupaten – Hujan yang terus mengguyur kawasan Puncak dan sekitarnya, membuat beberapa lokasi diwilayah itu mengalami bencana tanah longsor. Longsor yang terjadi pada Senin 24/2/2020, terjadi di ruas jalan Cikopo Selatan, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua. Meskipun longsor tebingan setinghi 5 meter itu tidak mebimbulkan korban jiwa, namun materil tanah longsoran bercampur rumpun bambu itu sempat menutup akses jalan tersebut.

Karena tertutupnya badan jalan yang cukup fital ini, membuat para pengendara dan masyarakat lokal memutar arah yang menggunakan jalur lain.

Subuh itu terdengar bunyi bergemuruh yang diikuti dengan suara pohon tumbang. 0as yang dilihat, ternyata tebingan dekat pemakaman itu longsor. Beruntung tidak ada yang melintas atau menimpa rumah yang di depannya. Longsoran itu hanya ada di jalan badan,” tutur warga.

Guna mendukung akses jalan yang bisa dilalui dengan cepat, pemerintahan Desa Citeko dan pemerintah daerah pangsung melakukan pengelolaan. Pihak desa juga melakukan koordinasi dengan Unit PUPR Ciawi yang ditindaklanjuti oleh beberapa petugas yang membawa peralata untuk mengevakuasi material longsoran dan rumpun bambu yang dibutuhkan badan jalan.

“Hari ini jalan ini bisa dilalui oleh kendaraan. Kita dan warga secara cepat melakukan penanganan dan dibantu Pol PP kecamatan juga para petuagas UPT PUPR Unit Ciawi. Semenjak musim hujan, untuk wilayah Citeko baru lokasi ini yang terjadi bencana longsor. Kita berharap mudah mudahan situasi musim hujan ini wilayah aman dari bahaya bencana tanah longsor. Dan kita terus melakukan pemantauan untuk bergerak cepat jika ada bencana alam terjadi,” tandas Omen, stap desa Citeko saat berada di lokasi. (dang)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.