by

Dari Jajanan Kuliner, Ekonomi Desa di Kampung Budaya Cipetir Tumbuh

Hallobogor.com, Cikidang – Berawal dari sebuah inisiatif pembina & pemuda Karang Taruna dalam memanfaatkan lahan terbuka, akhirnya Karang Taruna SAWARGI Desa Cicareuh, Kec. Cikidang Kab. Sukabumi, membuka Pasar Tumpah dan Kampung Budaya.

Minggu (26/07/2020), inisiatif Pembina Karang Taruna SAWARGI Sopiyan M.Pd. itu terealisasi dalam wujud Pasar Tumpah di Lapang Batu Bodas Kp. Cipetir RT 04 RW 06 Desa Cicareuh, Kec. Cikidang, Kab. Sukabumi.

Acara diisi dengan kegiatan pagelaran seni dan jajanan tradisional hasil karya wargan dan diresmikan oleh Kepala Desa Cicareuh Ramdan Rustarmono, S. Pd.

Baca : Berita dan Informasi Seputar Kota dan Kabupatan Sukabumi

Ramdan Sutarmo S.PdI mengatakan pihak Pemdes sangat mensupport kegiatan tersebut dalam rangka memajukan perekonomian khususnya di Wilayah Desa Cicareuh.

“Juga menumbuhkembangkan kembali berbagai macam budaya tradisional, kaulinan tradisional, dan jajanan tradisional,”kata Kades Cicareuh.

Kegiatan Pasar Tumpah dan Kampung Budaya rencananya akan berlangsung setiap hari Minggu pagi sampai siang dan menyajikan berbagai macam aneka budaya tradisional dan jajanan tradisional.

Para Pedagang pun sangat antusias berjualan, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini ekonomi melemah. Adanya asar tumpah ini setidaknya membantu membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya para pedagang dari berbagai wilayah yang ada di kecamatan Cikidang.

Hadir pula pada kesempatan itu sejumlah tokoh, yaitu anggota DPRD Kab. Sukabumi Daerah Pemilihan 3 (tiga) Dadan Hasanudin, S. Ag, Babinmas dan berbagai komunitas, termasuk Komunitas RTB, Tjipetir Ngahiji dan Pencak Silat Sinar Mekar Harapan. (asn)