by

Demo UU Omnibus Law Cipta Kerja di Patung Kuda Ricuh

Hallobogor.com, Jakarta – Kericuhan mulai terjadi pada aksi unjuk rasa penolakan pengesahan Omnibus Law Undang-Undangan (UU) Cipta Kerja di depan Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat  Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2020). 

Dalam kericuhan itu, terlihat massa unjuk rasa yang terdiri dari para mahasiswa dan buruh itu melempari petugas kepolisian yang berjaga dengan batu dan botol air mineral. 

Tak ayal, hal itu membuat aparat kepolisian terpaksa mengeluarkan tembakan gas air mata. Hal itu dilakukan guna meredam amarah massa. 

Meski demikian, disaat yang bersamaan pimpinan aksi tersebut meminta massa untuk menahan diri dan tidak terprovokasi. Namun, hal itu nampaknya tak didengar oleh para massa yang terus melemparinpara petugas. 

Petugas kepolisian-pun hanya bisa menahan dengan membuat berikade dan tameng, guna mengantisipasi lemparan batu dan air mineral tersebut. 

Sebagaimana diketahui, pada Kamis (8/10/2020) hari ini ribuan massa dari buruh dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI dan Istana Negara. Dalam aksinya mereka menolak pengesahan omnibus law Undang-Undangan (UU) Cipta Kerja. 

Akan tetapi, langkah massa untuk menuju Istana Negara dihentikan polisi yang membuat barikade dan memasang kawat berduri di Jalan Medan Merdeka Barat. Hal itu yang kemungkinan besar memancing kericuhan tersebut. (rad)