by

Deputi Gubernur BI Apresiasi Sinergitas yang Perkuat UMKM

Hallobogor.com, Bandung – Deputy Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengapresiasi sinergi yang baik antara Bank Indonesia dengan perbankan, pemerintah daerah dan pelaku bisnis di Jabar dalam upaya pengembangan ekonomi.

“Apresiasi yang tinggi dari kami atas sinergitas ini. sebab perlunya sinergi dalam peningkatan ekonomi didaerah. Pameran KKJ 2020 adalah salah satu sinergi yang terwujud,” ujarnya, Selasa (11/8/2020).
 
Ia mengatakan tema yang diusung dalam KKJ 2020,  Menenun Asa Menuju UMKM Tangguh dan Juara  sudah sesuai dengan kondisi saat ini atau New Normal. Menurutnya saat New Normal diperlukan kondisi UMKM yang tangguh agar ekonomi kembali pulih.

“Sebab data dari Kemenkop, 60 persen pertumbuhan ekonomi disumbang UMKM,” tegasnya.

Ditambahkan, akibat Pandemi Covid-19, sekitar 68 persen UMKM mengalammi penurunan penjualan, sisanya mengalami sulit modal, mengalami masalah distribusi dan pasokan bahan baku yang membuat terhambatnya proses produksi.

“Namun kami melihat sudah ada perbaikan seiring relaksasi PSBB, meski belum kembali ke posisi semula. Kedepan perlu akselerasi pemulihan ekonomi terutama bagi UMKM,” tuturnya.

UMKM menurut mantan Kepala Bank Indonesia Jabar itu, harus menyesuaikan usaha sesuai protokol kesehatan. Kemudian harus tangkas menangkap peluang di era new normal, melakukan inovasi menyesuaikan perubahan kebutuhan dan gaya hidup di era New Normal dan akselersi kapasitas usaha dengan beragam inovasi. (jbr)