by

Desember 2020, Kabupaten Sukabumi Siap Lanjutkan Tahapan Pilkada

Hallobogor.com, Sukabumi – Tahapan Pilkada Serentak 2020, akan kembali dilanjutkan dengan dengan pendaftaran Pemilih, mulai tanggal 15 Juni 2020. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020. Beleids itu diterbitkan 12 Juni 2020 yang lalu. Menanggapi hal tersebut, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menyatakan prinsipnya tidak mempermasalahkan dan siap mengawal pelaksanaannya dengan tetap memperhatikan proteksi petugas dan warganya dari ancaman paparan covid-19.

“Mengingat ini sudah ada penetapannya, tentu kami akan lapor dan kolaborasi dengan pak Gubernur (Kang Emil) dan jajaran, selaku wakil Pemerintah Pusat agar penyelenggaran Pilkada di Kabupaten Sukabumi berlangsung aman dari covid, lancar dan demokratis” Ujar Marwan Hamami (14/06/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa jauh hari sebelumnya telah berkoordinasi dan dengan Penyelenggara Pilkada, Forkopimda, dan pihak terkait untuk kesiapan teknis Pilkada Kabupaten Sukabumi.

“Karena situasi Covid-19, tantangan kita saat ini adalah disiplin melakasanakan protokol kesehatan pada tiap tahapan Pilkada. Sebetulnya, bukan hanya pada dalam tahapan pilkada, tetapi di setiap aktivitas masyarakat, wajib patuhi protokol kesehatan. Lindungi diri dan orang lain, kuncinya disiplin”. Tegas Marwan Hamami.

Merujuk pada Peraturan KPU 5/2020, pemungutan suara serentak Pilkada 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. Tahapan ini didasarkan dan merupakan tindak lanjut Perppu 2/2020.

Menanggapi hal yang sama, Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Sumantri, menyampaikan bahwa ihwal teknis pelaksanaan Pilkada, ia selaku Tim Anggatan Pemda juga sudah mengkoordinasikan kesiapannya dengan para pihak terkait.

“Dalam UU Pilkada itu, disitukan memang mengatur ada tanggung jawab Pemda untuk mendukung Pelaksanaan Pilkada. Oleh karena itu, secara teknis kami siap melaksanakan tahapan. Dengan memperhatikan kebutuhan saat ini, yaitu dukungan Protokol Kesehatan”, Iyos Sumantri menambahkan.

Iapun optimis Pilkada desember 2020 di Sukabumi akan berjalan aman, damai, dan demokratis dengan partisipasi dan disiplin terhadap protokol kesehatan. (bud)