by

Dua Pasien Positif Corona di Kaltara Sempat ke Jakarta dan Bogor

Hallobogor.com, Kota – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kalimantan Utara (Kaltara) Agust Suwandy melaporkan, hingga Rabu (1/4/2020), sudah dua warga Kaltara positif Covid-19.

Dua warga tersebut kini sedang dirawat di RSUD Kota Tarakan dan RSUD Soemarno Sosroatmodjo di Kabupaten Bulungan.

“Pasien yang di Tarakan melakukan perjalanan ke Jakarta sementara yang di Bulungan melakukan perjalanan dari Bogor atau klaster Bogor,” ungkap Agust saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP), lanjut Agust, ada sembilan orang.

Tiga pasien sedang menjalani perawatan di RSUD Tarakan, dua pasien dirawat di RSUD Nunukan dan empat pasien dirawat di RSUD Bulungan.

“Pasien yang di Tarakan dan Nunukan itu jadi peserta Ijtima Ulama di Gowa, sementara di Bulungan hasil tracing dari pasien positif klaster Bogor,” terangnya.

Sementara, untuk orang dalam pemantauan (ODP) saat ini berjumlah 314 orang. Jumlah itu tersebar di Tarakan 92 orang, di Kabupaten Malinau 95 orang, Kabupaten Nunukan 62 orang, Kabupaten Tanah Tidung 38 orang dan Kabupaten Bulungan 27 orang.

Saat ini di Kaltara hanya ada tiga rumah sakit rujukan untuk penanganan Covid-19. Itu pun, satu rumah sakit ditunjuk oleh Gubernur Kaltara yakni RSUD Nunukan.

Karena itu, untuk mengantisipasi lonjakan beberapa rumah sakit di kabupaten dan kota diminta siap siaga, yakni RSUD di Kabupaten Malinau dan di Kabupaten Tana Tidung.

Selain itu, dua rumah sakit swasta di Kota Tarakan yakni Rumah Sakit TNI AL dan Rumah Sakit Pertamedika pun, kata Agust, diminta Gubernur untuk siap siaga mem-back up jika terjadi lonjakan. (komp) #mediamelawancovid19

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.