by

Gelar Program BISA Agrowisata N8 Gunung Mas Tumbuhkan Wisata Aman

Hallobogor.com, Cisarua – Kawasan Agrowisata N8 Gunung Mas, Puncak Bogor ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Program Gerakan Bersih, Indah, Sehat dan Aman (BISA) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (07/09/2020).

Acara yang rencananya berlangsung hingga, Selasa (08/09/2020) ini digelar sebagai upaya implementasi amanat Presiden Joko Widodo untuk mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif menjaga kebersihan dan kelestarian alam di destinasi wisata untuk meningkatkan nilai kebersihan dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI).

“Alhamdullilah prosesi acaranya tadi pukul 09.00 WIB berjalan lancar. Kami mengucapkan terima kasih karena telah dipercaya untuk menyelenggarakan program BISA ini,” kata General Manager Agrowisata Gunung Mas Hikmat Eka Karyadi, Senin (07/09/2020), disela-sela acara.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Anggota Komisi X DPR RI Fahmi Alaydroes, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Muliadi, Direktur Promosi Wisata Minat Khusus Kemenparekraf Adella Raung,Muspika Cisarua dan lebih dari 100 undangan dari stakeholder pariwisata.

Menurut Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, kegiatan BISA ini diharapkan bisa menjadi program rutin yang dijalankan oleh pelaku wisata.

“Dalam kondisi pandemi seperti sekarang menjadi sangat penting untuk terus menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Termasuk di kawasan wisata seperti di Gunung Mas ini. Bagaimana pelaku usaha wisata juga bisa menyampaikan kepada masyarakat sekitar akan sadar terhadap kebersihan lingkungan,” katanya.

Sementara itu  Direktur Promosi Wisata Minat Khusus Kemenparekraf Adella Raung mengemukakan program BISA ini bertujuan untuk mengajak masyarakat, terutama pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar membangkitkan kembali nilai-nilai sapta pesona yaitu aman, tertib, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan.

Begitu pun dengan adanya Kegiatan ini diharapkan semua pelaku wisata dapat menerapkan Protokol Kesehatan dengan sebaik-baiknya sehingga terwujudnya kawasan wisata yang Bersih, Indah, Sehat dan Aman (BISA).

Disebutkan Adella, pelaksanaan gerakan ini sebagai upaya implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disipilin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

“Dengan gerakan BISA ini diharapkan dapat menciptakan rasa aman dan membangkitkan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata di tanah air. Oleh sebab itu, kepada warga masyarakat sekitar Agrowisata Gunung Mas ini  agar selalu menggunakan masker dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” pintanya.

Kepada industri pariwisata, Adella juga mengingatkan supaya terus menegakkan protokol kesehatan  dengan menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan lain-lain supaya masyarakat bisa menerapkan adaptasi kebiasaan baru dengan baik dan benar.

Selain peluncuran Gerakan BISA dan Gerakan Pakai Masker, acara ini juga diisi dengan suguhan tarian tradisional khas Bogor dan penyerahan alat-alat kebersihan serta sarana yang dibutuhkan untuk menjalankan Gerakan BISA oleh Kemenparekraf/Baparekraf kepada Kelompok Sadar Wisata.

Di antaranya alat pendukung kebersihan, kesehatan, dan keamanan, fasilitas kebersihan seperti wastafel dan tempat sampah, thermogun, P3K dan disinfektan. (adi)