by

Goyangan Terasa di Bogor, Gempa Sukabumi Tidak Berpotensi Tsunami

Hallobogor.com, Bogor Utara -Gempa mengguncang Wilayah Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), Kamis (30/4/2020) sekitar pukul 15.22 WIB.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 5,0 magnitudo. berada di 48 Km Tenggara Sukabumi.

Kedalaman gempa hanya 24 km. Hal itu mengakibatkan guncangan terasa hingga ke Bogor dan sekitarnya. Di kawasan Cimahpar, Bogor Utara, goyangan gempa meski lembut terasa juga.

Juga di Cipanas, dan Cianjur, Jawa Barat. Beruntung gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Tapi, belum ada informasi terkait dampak gempa ini.

Warga Sukabumi Kaget

Media Sukabumiupdate.com, melaporkan, warga Sukabumi dikagetkan dengan guncangan gempa yang terjadi Kamis (30/4/2020) sore tadi. Gempa tersebut terasa beberapa detik saja namun membuat warga Sukabumi yang kaget bergegas keluar rumah. 

“Lagi duduk tiba-tiba terasa pusing, kemudian sadar bahwa itu gempa dan saya langsung ke luar rumah. Tetangga rumah pun merasakannya,” ujar Endi (30 tahun) warga Kampung Cibolang, Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Hal serupa juga dirasakan warga di Kota Sukabumi. Farrah (22 tahun) warga Tipar, Kota Sukabumi, yang saat itu sedang berada di dapur untuk memasak berbegas keluar ketika merasakan guncangan. “Iya gempa terasa banget,” singkat Farrah. (*/bud)