by

Gubernur Anies Baswedan Stop Operasional Bus Masuk Jabodetabek, Sore Ini?

Hallobogor.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang operasional bus yang beroperasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek). Hal itu guna menekan jumlah masyarakat yang keluar-masuk Jakarta demi meminimalisir penularan virus corona atau Covid-19.

Larangan tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan. Surat bernomor 1588/1.819.611 itu ditujukan kepada Ketua DPP Organda DKI Jakarta, pimpinan perusahaan angkutan umum bus antar kota antar provinsi (AKAP), pimpinan perusahaan angkutan umum bus antar jemput antar provinsi (AJAP) serta pimpinan angkutan umum bus pariwisata.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo membenarkan surat edaran itu. Dia menyebut kebijakan itu mulai diberlakukan pada Senin (30/3/2020) sore.

“Mulai hari ini jam 18.00 WIB akan melakukan pelarangan operasional bus dari Jabodetabek,” kata Syafrin saat dikonfirmasi.

Syafrin mengklaim, penghentian sementara operasional bus di Jabodetabek sudah disetujui Kementerian Perhubungan dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Mereka sudah melakukan rapat dan menyepakati hal ini.

“Sesuai dengan rapat kami kemarin sore bersama Dirjen hubungan darat, kepala BPTJ juga dirjen binamarga,” tandasnya.

Syafrin mengakui keputusan ini memang diambil secara mendadak mengingat kasus corona di Jakarta terus bertambah setiap harinya. Jadi tak ada sosialisasi yang dilakukan sebelumnya.

“Enggak (sosialisasi) sudah langsung sore,” tutupnya. (akr) #mediamelawancovid19

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.