by

Hadapi Corona, Kota Bogor Berlakukan Pembatasan Sosial Skala Besar

Hallobogor.com, Kota – Sesuai arahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Pemerintah Kota bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda) akan segera menerapkan Pembatasan Sosial Skala Besar guna memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, langsung menginstruksikan para camat dan lurah se-Kota Bogor agar segera membentuk Rukun Warga (RW) Siaga Corona.

“Sesuai arahan Gubernur Jawa Barat, Kota Bogor, akan melaksanakan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSSB). Adapun implementasinya berupa pengelolaan area pencegahan penyebaran Covid-19 dan memberdayakan potensi masyarakat dengan membentuk RW Siaga Corona,” ujar Dedie bersama unsur Forkopimda saat memberikan arahan kepada para Lurah di Rumah Dinas Wali Kota Bogor, Selasa, (313/2020).

Dedie mengatakan para lurah dengan didampingi camat diminta menyiapkan sejumlah langkah teknis, antara lain menyosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 bersama pengurus RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kader PKK, pengurus LPM dan seluruh potensi masyarakat yang ada di wilayahnya.

“Para lurah dan camat diharapkan bisa membatasi pergerakan keluar masuk warga, termasuk memonitor tamu dan orang-orang yang tidak berkepentingan berada di wilayahnya masing-masing. Wilayah masing-masing agar menggiatkan kembali Siskamling dan membentuk RW Peduli Corona yang ditandai dengan spanduk,” katanya.

Kemudian, kata Dedie, para lurah agar melakukan pemetaan dan pendataan masyarakat terdampak serta membuat daftar di luar Database Kemiskinan Kota Bogor atau diluar penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Langkah selanjutnya, unsur pimpinan di wilayah perlu segera menyiapkan ketersediaan bahan pokok, bahan bakar dan air minum bagi warga dengan mengkalkulasi seluruh resiko dan solusi apabila diterapkan pembatasan dalam jangka waktu tertentu. (via)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.