by

Hardiknas 2020, Bima Arya Ajak Belajar dari Ilmu Kehidupan di Tengah Covid-19

Hallobogor.com, Bogor Tengah – Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2020, Wali Kota Bogor Bima Arya memberikan arahan kepada para guru dan perwakilan pelajar melalui saluran video conference dari Balaikota Bogor, Sabtu (2/5/2020).

Video conference ini dilakukan sesuai pedoman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditandatangani Menteri Nadiem Anwar Makarim yang mengimbau untuk meniadakan penyelenggaraan upacara bendera yang biasanya dilakukan satuan pendidikan, kantor Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, serta perwakilan pemerintah Republik Indonesia di luar negeri sebagai bentuk pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam sambutannya, Bima Arya menyebut bahwa hampir seluruh sektor di dunia merasakan dampak dari pandemi Covid-19, tak terkecuali sektor pendidikan.

“Para pelajar yang sangat saya cintai, para guru yang sangat saya banggakan dan seluruh insan pendidikan yang saya hormati. Setiap generasi ada ujiannya. Setiap masa ada cobaanya. Hari ini kita dihadapkan pada ujian yang maha berat. Wabah Covid-19, pandemi global yang sampai hari ini menghantam seluruh dunia tanpa terkecuali dengan dampak yang luar biasa,” ungkap Bima.

“Yakinlah selalu ada kesempatan dibalik semua cobaan dan ujian. Selalu ada opportunity dari setiap krisis yang kita hadapi. Selalu ada berkah dalam setiap musibah yang kita hadapi. Kita yakini bahwa kita semua adalah orang-orang yang terpilih, yang Insya Allah dengan ilmu kita yang juga dengan akal kita bisa melewati ini,” tambahnya.

Untuk para pelajar, lanjut Bima, nikmatilah masa-masa belajar di rumah ini. Baca dan serap semua pesan yang disampaikan melalui ujian ini. “Reguklah semua hikmah yang ada, asahlah terus kreativitas kita agar kita bisa keluar dari ujian ini. Agar semua pelajar memaksimalkan semua yang ada, kesempatan yang ada pada hari ini untuk kita bisa berinovasi, untuk kita bisa menimba ilmu. Tidak saja ilmu yang ada di buku, tetapi ilmu kehidupan yang ada di sekeliling kita,” tandasnya.

Kepada para guru, kata Bima, teruslah berinovasi dan hadirkan kebijaksanaan atau wisdom di antara anak didik. “Untuk guru-guru semua, hari ini kita membutuhkan ruang kreativitas yang luar biasa, percayalah kita adalah orang-orang terpilih. Selamat Hardiknas, dengan ilmu kita, dengan kekuatan iman kita, Insya Allah kita akan lewati semua cobaan ini,” pungkasnya. (bgr) #mediamelawancovid19