by

Harus Diwaspadai, Ini 5 Penyakit Tidak Menular dengan Risiko Kematian Tertinggi di Indonesia

Hallobogor.com, Jakarta – Dengan populasi lebih dari 270 juta jiwa, data dari WHO menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki angka harapan hidup yang mencapai rata-rata 72,7 tahun. Angka ini meningkat 3,7 tahun dari tahun 2016.

Meski begitu, risiko kematian tetap saja mengintai. Salah satu penyebab kematian di Indonesia adalah penyakit tidak menular, dan tak ada yang tahu kapan atau bagaimana bisa terjadi kepada kita. Agar kita tetap waspada, yuk kita mengenal 5 penyakit tidak menular dengan risiko kematian tertinggi di Indonesia berikut.

Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia, mencapai 17,3 juta kematian, dan 3 juta di antaranya terjadi di usia di bawah 60 tahun.

Diabetes melitus

Penyebab kematian selanjutnya adalah diabetes melitus, yaitu penyakit kronis yang disebabkan karena kurangnya produksi insulin dalam tubuh. Diabetes seringkali tidak terdeteksi karena gejala-gejalanya baru terasa setelah munculnya komplikasi. Penyakit satu ini perlu diwaspadai karena pengidap diabetes di usia 15 tahun ke atas meningkat dua kali lipat pada tahun 2013 dari tahun 2007.

Ganggunan pernapasan kronis

Salah satu penyakit gangguan pernapasan kronis yang perlu diperhatikan adalah Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), yaitu terjadinya hambatan aliran udara pada jalan napas. Beberapa penyakit terkait dengan PPOK yang paling umum yadalah bronkitis kronik dan emfisema. PPOK disebabkan karena merokok atau iritasi karena polusi udara atau debu.

Gagal ginjal Kronis

Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring kotoran dalam darah. Rusaknya ginjal pada umumnya disebabkan karena dua hal, yaitu penyakit ginjal kronis (PGK) atau gagal ginjal kronis (GGK). Penyebabnya bisa jadi karena beberapa hal, di antaranya cedera parah pada ginjal, komplikasi hipertensi, sepsis, dan penyalahgunaan obat-obatan.

Kanker

Penyakit kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang berkembang tak terkendali. Sel ini dikenal dengan nama tumor. Data dari WHO menyebutkan kasus kanker di Indonesia mencapai sekitar 350.000 kasus, dengan jumlah kematian melebihi 200.000, menempatkannya sebagai salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia.

Agar kita tidak terkena penyakit tidak menular di atas, kita bisa melindungi diri dengan menjalankan pola hidup sehat. Sedangkan, untuk melindungi orang-orang tersayang kita nanti apabila kita sudah tiada, pastikan kamu memiliki asuransi jiwa. Sekarang tersedia beragam asuransi jiwa online yang bisa kamu dapatkan dengan cepat, langsung dari aplikasi.

Tidak ada kata terlambat buat kamu melindungi masa depan keluarga kamu, karena kamu bisa mulai dari sekarang! (adv)