by

Helarfest 2020 Digelar Oktober Hingga November

Hallobogor.com, Bandung – Helarfest pertama diselenggarakan pada tahun 2008, Ketika berbagai komunitas di Kota Bandung secara mandiri bersinergi untuk mengekspresikan eksistensi dan potensinya sebagai pemberi makna pada dinamika dan perkembangan kota, dalam sebuah event kolektif. Helarfest pertama ini menjadi cikal bakal terbentuknya Bandung Creative City Forum (BCCF), dan menjadi salah satu signature program BCCF, bersama dengan tiga program lainnya, yaitu Simpul Institute, Kampung Kreatif, dan DesignAction.bdg. 

Helarfest pertama menampilkan 31 event sepanjang Bulan Agustus 2008; di tahun 2009 Helarfest menampilkan 67 event selama 2,5 bulan. Helarfest tahun 2012 mengambil 4 tema besar berdasarkan elemen khas Kota Bandung, yang masing-masing diintervensi oleh beragam komunitas, yaitu hutan (Lightchestra), kampung (Festival Kampung Kreatif), taman (Ulin.bdg), dan sungai (Cikapundung River Cinema). Helarfest tahun 2015 mengambil momentum peringatan Konperensi Asia Afrika ke-60, berbarengan dengan diselenggarakannya Creative Cities Conference yang menginisiasi terbentuknya Indonesia Creative Cities Network (ICCN) melalui deklarasi 10 Prinsip Kota Kreatif. 

Tahun 2020 ini, Helarfest akan diselenggarakan kembali dengan format hybrid daring dan luring, dengan tujuan menyampaikan pesan utama bahwa potensi kreativitas, ekspresi budaya, serta kekuatan jejaring dapat menjadi solusi strategis bagi kondisi masa kini, sekaligus adaptasi bagi masa depan yang berkelanjutan. Penyelenggaraan Helarfest 2020 antara tanggal 10 Oktober s.d. 27 November 2020 ini akan melibatkan ratusan pelaku ekonomi kreatif di Bandung beserta jejaringnya, dihadiri sekitar 10.000 audiences di platform daring dan luring. Helarfest 2020 dapat disaksikan melalui helarfest.id.

Tema besar Helarfest 2020 adalah CUREyourCITY, merepresentasikan semangat keingintahuan, sekaligus mencari cara untuk tetap berekspresi dan berkarya dalam masa adaptasi dengan kondisi dan tantangan baru.

Helarfest 2020 akan dibuka pada Pecha Kucha Bandung Vol. 25, yang digelar pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020, 14.15 melalui website helarfest.id. Pecha Kucha Bandung Vol. 25 akan menghadirkan 20 komunitas dengan masing-masing 20 slide x 20 detik yang akan mempresentasikan kegiatannya dalam rangkaian Helarfest 2020.

Helarfest 2020 juga akan menjadi salah satu langkah komunitas kreatif dalam menyambut berbagai momentum mendatang, antara lain: 

• Menjelang disahkannya Perda Ekonomi Kreatif Kota Bandung 

• Ditetapkannya 2021 sebagai The International Year of Creative 

• Economy for Sustainable Development oleh PBB 

• Terselenggaranya World Conference of Creative Economy yang 

• diinisiasi di Indonesia 

• Diterimanya Rekomendasi Kebijakan mengenai Inclusive 

• Creative Economy and The Future of Work oleh komunike U20 (kelompok kerja dalam G20). (jbr)