by

Ide Wisata Bogor dengan Suasana Alam, Asyiknya Jelajahi Curug Piit

Hallobogor.com, Kabupaten – Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Terutama jika Anda berwisata ke Bogor. Kita Hujan ini memiliki banyak objek wisata curug.

Salah satu curug yang menawarkan keindahan alami yang memukau adalah Curug Piit. Curug ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun, Bogor.

Piit dalam Bahasa Indonesia artinya burung pipit. Dinamakan Curug Piit, karena menurut cerita di sekitar air terjun, banyak dihuni burung pipit.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Curahan airnya sejuk, berwarna hijau tosca, membentuk kolam besar berdiameter sekitar 20 meter. Kedalamannya mencapai empat meter. Airnya sangat dingin, sehingga tidak bisa lama-lama berendam di kolam tersebut.

“Tinggi dan debit air yang lumayan tinggi ini bisa jadi curug yang sangat eksotis.

Tapi perlu diingat bahwa untuk mencapai curug yang satu ini butuh pengorbanan karena harus melewati trek yang lumayan berliku-liku. Photo By:@ihsan_ggmu,” tulis Instagram @bogorkotahijau, Sabtu (7/3/2020).

Curug Piit berada dalam perlintasan Sungai Ciangsana yang memiliki lebar kurang lebih 8 meter. Pada kawasan curug ditutupi oleh canopy rapat dengan vegetasi suren, rasamala, puspa, pasang dan rano giling. Satwa yang dapat dijumpai pada kawasan ini adalah Elang Jawa, Owa dan Surili.

Curug ini tinggi dan punya debit air yang besar. Kolam airnya juga tidak disarankan untuk direnangi, karena pasti arusnya besar. Tapi, suasana dan Pemandangannya keren.

Seperti pada umumnya air terjun, curug yang berada di Kampung Hanjawar, Desa Malasari Kecamatan Nanggung ini terbentuk akibat terjadinya patahan kulit bumi, sehingga aliran air terpotong dan membentuk loncatan, seperti dikutip inews. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.