by

Ini Harapan Bupati H. Marwan Memasuki Tahun Baru Islam

Hallobogor.com, Sukaraja – Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad saw. Dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

“Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah akan jatuh pada Kamis, (20/8/2020) sebelum meninggalkan 1441 Hijriah dan menyambut 1 Muharram 1442 Hijriah maka ada baiknya membaca doa akhir dan awal tahun untuk mengawalinya,” ucap Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, di kediamannya Cimahpar Kecamatan Sukaraja, Rabu Sore (19/8/2020).

“Inti dari tahun baru Hijriyah adalah Hijirah dari yang buruk  ke hal yang baik, sikap yang baik berasal dari hati yang baik, bersihkan hati bersihkan segala kesalahan dengan bertaubat dan melakukan kebaikan,” tambahnya.

Bupati mengajak untuk merapatkan barisan, mempererat tali persaudaraan dan sama sama melangkahkan kaki dengan kebaikan di jalan Allah SWT.

Sementara itu doa awal tahun dibaca pada detik-detik memasuki hari pertama awal tahun, Doa biasanya dibaca sebanyak tiga kali setelah Maghrib.

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam Artinya: Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. 

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba : kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syaitan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. 

Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih! (jbr)