by

Ini Peran Penting Mohammad Hatta dalam Proklamasi Kemerdekaan

Hallobogor.com, Jakarta – Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa peran Mohammad Hatta sangat penting bagi Presiden Soekarno dalam kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945.

Menurut catatan yang ada, Bung Hatta menjadi sosok penting yang memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Tanah Air. 

Sebab, Bung Hatta sosok yang merumuskan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia bersama dengan Soekarno dan Ahmad Soebardjo. Jadi tak heran, tanpa jasa Bung Hatta, Indonesia tak akan bisa menjadi negara yang merdeka seperti saat ini. 

Pria berdarah Minang ini turut menyumbang kalimat pertama untuk teks proklamasi. Selain merumuskan naskah, Bung Hatta juga menandatangani teks proklamasi bersama Bung Karno. 

Dalam upacara proklamasi Bung Hatta dengan pakaian serba putih, turut mendampingi Soekarno dalam upacara Proklamasi. Kala itu, para pemuda mendesak Soekarno utuk segera membacakan teks proklamasi. 

Namun, Soekarno menolak membacakannya jika Bung Hatta belum hadir. Lima menit sebelum upacara, Bung Hatta akhirnya hadir dan mengikuti upacara.

Setelah melangsungkan upacara proklamasi, Bung Hatta resmi dilantik sebagai Wakil Presiden pertama di Indonesia. Saat itu, Bung Hatta bertugas dengan Soekarno yang menjabat sebagai Presiden Indonesia. 

Usai menjadi Wapres, peran Bung Hatta Makin moncer dalam memperjuangkan Indonesia di konferensi meja bundar, lantaran Belanda masih enggan mengakui kedaulatan Indonesia. 

Belanda masih berupaya merebut Indonesia lewat agresi militer hingga perjanjian internasional. Beruntungnya, Indonesia memiliki sosok Bung Hatta.  

Berbekal tekad dan kemampuannya, Moh. Hatta berhasil mendesak Belanda dan mengambil simpatik dunia pada Konferensi Meja Bundar. Akhirnya, Indonesia pun mendapat pengakuan dari Belanda dan dunia. (rri)