by

Inilah Goa Tawanan, yang Jadi Tempat Ritual HUT RI Bogor Sunda Sahiji

Hallobogor.com, Klapanunggal – Yayasan Bogor Sunda akan mengadakan ritual dan syukuran HUT Kemerdekaan RI di Goa Tawanan yang berada di Desa Ligarmukti, Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor.

Demikian disampaikan oleh Ketua Yayasan Bogor Sunda Sajati, Eddy Junaedi yang juga dikenal sebagai Ki Jagat Kondang, Sabtu (15/8/2020).

Eddy menjelaskan, acara penting lainnya dalam yang akan dilakukan pada Senin (17/8/2020) adalah memberikan penghargaan dan pengalungan bunga kepada Ibu Eunih.

Baca : Mengenal Goa Tawanan, Goa Perawan di Kab. Bogor Wilayah Timur

“Ibu Eunih adalah saksi hidup sejarah Goa Tawanan ini, beliau akan menceritakan sedikit tentang adanya Goa Tawanan ini,” katanya.

Sedangkan acara lainnya adalah parade dongdang, dan bendera merah putih menuju Goa Tawanan. Kemudian, ritual dan syukuran serta potong tumpeng langsung dilakukan di dalam Goa Tawanan.

Sebagai bentuk perlawanan terhadap Covid-19 juga ada seremoni penutupan masker raksasa oleh seniman dan budayawan serta aparatur pemerintah Kabupaten Bogor.

“Mari menyambut hari HUT RI dengan hikmat, mensyukuri nikmat kemerdekaan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya. (*/bud)