by

Didie A Rachim Sematkan Pin, Inspektorat Reformasi Budaya Kerja

Hallobogor.com, Bogor Selatan – Untuk mengingat kembali tugas inspektorat dalam mengawal urusan administrasi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Waki Walikota Bogor Dedie A Rachim melakukan penyematan PIN integritas di lingkungan inspektorat Kota Bogor.

“Tujuan dari penyematan PIN ini untuk mengingat kembali tugas-tugas yang harus di emban oleh kantor inspektorat, terutama dalam mengawal urusan administrasi keuangan Pemkot Bogor dalam rangka menjadikan Kota Bogor memiliki karakter good governance dan clean governance,” ucap Dedie usai penyematan di kantor inspektorat Kota Bogor di Jalan Pahlawan, Kelurahan Empang, Bogor Selatan, Kota Bogor, Senin (6/7/2020).

Dedie menjelaskan, di dalam prosesnya inspektorat harus lebih menekankan pada fungsi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) sebagai Consulting dan sebagai Quality Issurance.

“Saya berterima kasih kepada pimpinan inspektorat Kota Bogor yang sudah melakukan inovasi yang luar biasa, yang mungkin nanti bisa di kembangkan di OPD-OPD yang lain, bahwa nilai-nilai integritas ini bukan hanya di inspektorat tapi seharusnya dimiliki oleh semua ASN di SKPD yang ada di Kota Bogor. Dengan inovasi ini membuat kita lebih mengingatkan kembali terhadap nilai- nilai integritas,” jelasnya.

Sementara Kepala Inspektorat Kota Bogor, Pupung W Purnama menuturkan dirinya ingin mencoba mereformasi untuk merubah budaya kerja. PIN integritas ini menjadi satu hal yang memiliki peran yang sangat penting untuk bisa merubah etika dari para APIP khusunya yang ada di lingkungan Pemkot Bogor.

“Harapan kita dengan penyematan PIN integritas ini bisa menjadi momentum baru bagi para auditor dan APIP khusunya di lingkungan Pemkot Bogor untuk melaksanakan fungsinya sebagai lembaga yang bisa memberikan kuwalitas assurance dan juga consulting dengan memiliki nilai-nilai integritas yang terus di pegang teguh, sehingga kedepannya bisa terus mengawal dan menjaga pelaksanaan program-program dan kegiatan Pemkot Bogor secara akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan,” terang Pupung.

Selain itu, pihaknya merasa termotivasi untuk bisa mengingatkan kepada para auditor bahwa integritas itu menjadi hal utama yang harus dipegang dalam melaksanakan tugas tugas dan fungsinya selaku auditor dilingkungan inspektorat Kota Bogor. “Ini menjadi martabat yang kami pertahankan dan harga diri kami yang akan terus kita jaga,” pungkasnya. (dns)