by

IPM Cianjur Masih Rendah di Jabar, Semua Elemen Penting Harus Fokus

Hallobogor.com, Sukabumi – “Diharapkan para guru dapat mendorong/mensuport pemberdayakan PKBM, terutama pada kelas jauh bisa membantu guru guru di PKBM, salah satu peningkatan IPM juga dengan menjemput bola seperti PKBM masuk pesantren”, Demikian yang dikatakan Plt. Bupati Cianjur H. herman Suherman saat melakukan Dialog bersama para kepala SMA/SMK di Bale Praja Cianjur. Senin (27/07/2020).

Lanjutnya Plt. Bupati mennyampaikan bahwa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari dinas pendidikan, PKBM ini bisa tingkat desa ataupun kecamatan untuk mendirikan PKBM juga bisa oleh siapapun yang tentunya telah memenuhi syarat – syarat kelembagaan seperti : Akta Notaris, NPWP, Susunan Badan Pengurus, Sekretariat dan Izin Operasional dari Kabupaten/Kota.

Labih lanjutnya Plt. Bupati menjelaskan bahwa IPM Cianjur ditingkat Jawa Barat masih berada di posisi bawah, sejatinya Cianjur yang merupakan penyangga ibu kota ini tidak tertinggal, “alhamdulillah baru baru ini naik rangking jadi ke 26 yang semula ranghking ke 27di jawa barat,” ungkapnya.

Terakhir Plt Bupati mengajak seluruh elemen penting di kabupaten Cianjur untuk focus sasaran IPM yang dihitung berdasarkan data yang dapat menggambarkan keempat komponen yaitu angka harapan hidup yang mewakili bidang kesehatan, angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah mengukur capaian pembangunan di bidang pendidikan, dan kemampuan daya beli masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok yang dilihat dari rata-rata besarnya pengeluaran per kapita sebagai pendekatan pendapatan yang mewakili capaian pembangunan untuk hidup layak. Ungkapnya. (cjr)