by

Jabar Saber Hoax Ditantang Meredam Hoaks Pilkada 2020

Hallobogor.com, Bandung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan aturan baru terkait penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Desember mendatang. Aturan baru itu terkait kegiatan kampanye yang dibatasi jumlah orang yang hadir bahkan harus melalui kampanye non tatap muka.

Hal itu disampaikan oleh Anggota KPU Jabar Idham Holik pada Forum Publik yang dihelat oleh TVRI Sabtu sore (10/10/2020) berjudul “Hoax Di Tengah Pilkada”.

Tentu kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi KPU untuk memantau kampanye yang nantinya akan banyak disampaikan calon melalui berbagai platform media sosial atau medsos.

Sehingga KPU menggandeng Jabar saber Hoaks atau JSH untuk bersama-sama bersinergi memantau kampanye online agar tidak beredar info yang salah atau bahkan hoaks dari calon yang bersaing.

“Peraturan baru KPU tidak boleh melalui tatap muka namun harus melalui sosmed atau online, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Jabar Saber Hoaks karena Kampanye melalui Sosmed Berpotensi Terjadi Penyebaran Hoaks secara massive,” ujar Wakil Koordinator JSH Ganjar Darusalam.

Ganjar juga meminta masyarakat Jabar agar lebih peka dalam memaknai berita, jangan mudah percaya dan meneruskan berita, apalagi sampai terprovokasi berita yang belum jelas sumbernya.

Ia menyarankan kepada tim sukses agar aktif dalam memberikan literasi dan informasi positif terhadap calon pemilih. Tidak usah sungkan untuk memanfaatkan JSH guna mengecek suatu kebenaran dari sebuah berita. Lembaga JSH ini belum ada di daerah lain, dan hal ini merupakan keuntungan bagi warga Jawa Barat.

“Kami berharap masyarakat lebih peka dalam memaknai berita, jangan mudah percaya dan meneruskan berita apalagi sampai terprovokasi berita belum jelas sumbernya. Kepada para kandidat dan tim sukses agar giat dalam memberikan literasi dan informasi positif terhadap masyarakat calon pemilih,” tambah Ganjar.

Ganjar menambahkan keberadaan JSH diharapkan ikut menciptakan pesta demokrasi yang unggul serta juara. (jbr)