by

Jadi Jubir Keluarga Saat Rhoma Manggung, Kini Heboh soal Jamu

Hallobogor.com, Jakarta – Nama Hadi Pranoto yang mengklaim berhasil menemukan obat herbal covid-19 tengah ramai. Nama Hadi Pranoto bukan sekali ini dibicarakan, sebelumnya nama Hadi Pranoto ramai gara-gara geger mengundang Rhoma Irama untuk hajatan di kawasan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hadi Pranoto ialah anak angkat Surya Atmaja selaku penyelenggara acara khitanan yang menghadirkan Pedangdut Rhoma Irama di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 28 Juni 2020. Akibat acara khitanan tersebut, warga Pamijahan harus dites cepat covid-19.

“Maaf yang sebesar-besarnya kepada Pemda, Gugus Tugas Covid-19 tingkat daerah maupun nasional karena keluarga kami mengadakan acara khitanan di saat covid-19 masih mewabah di Indonesia,” kata Hadi, Rabu, 1 Juli 2020.

Polres Bogor juga memeriksa tiga saksi terkait acara khitanan di Desa Cibunian yang menjadi lokasi pentas Pedangdut Rhoma Irama.

“Ada tiga (saksi). Dari camat, keluarganya Surya Atmaja, dan dia sendiri (Surya Atmaja),” ungkap Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy, Rabu, 1 Juli 2020.

Kini, nama Hadi kembali ramai lantaran klaim obat herbal covid-19. Hadi tampak meyakinkan saat menyebut covid-19 adalah perkembangan dari jenis virus korona sebelumnya.

Menurutnya, virus korona sudah ada sejak 1940. Ada beberapa jenis virus korona yang mewabah sebelum covid-19, yakni SARS dan MERS-Cov.

“Penelitian terhadap virus korona telah dilakukan bersama tim sejak 2000. Dalam penelitian itu berhasil ditemukan tumbuh-tumbuhan yang mampu melawan covid-19. Bahan itu hanya ada di Indonesia, yakni di tanah Jawa,” ujar Hadi dalam wawancara khusus dengan Lampost.co, akhir pekan lalu. Demikian, seperti dikutip Medcom.id (*/med)