by

Kabupaten Bogor Fokus Pemulihan Wisata, Anggota TPO for Indonesia

Hallobogor.com, Cibinong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor memfasilitasi rapat secara online dengan Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pasific. Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Ciliwung Bappedalitbang, Cibinong, Selasa (25/8/2020).

Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pasific adalah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 2002 dengan tujuan untuk mempromosikan pertukaran dan pengembangan industri pariwisata antar kota-kota besar di kawasan Asia Pasifik.

Kabupaten Bogor pertama kali menjadi anggota TPO Tahun 2019 pada pertemuan General Assembly ke 9th di Busan Korea Selatan. Saat itu Indonesia baru mempunyai 10 anggota yaitu, Ambon, Bitung, Kabupaten Bogor, DKI Jakarta, Nias, Parimanan, Surabaya, Taliabu, Yogyakarta dan Bau-bau.

Kepala Bidang (Kabid) Perekonomian dan Sumberdaya Alam Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Riny Kusumawati mengatakan rapat kali ini mengagendakan banyak hal. “Rapat hari ini kita mengagendakan beberapa hal, diantaranya laporan kegiatan TPO Tahun 2020, pengenalan terhadap projek baru, tukar pengalaman sesama anggota TPO di Indonesia dan lainnya,” kata Riny.

Ia juga menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Bogor akan menindaklanjuti rapat hari ini dengan sejumlah langkah. “Tindak lanjut dari rapat ini antara lain pertama meningkatkan peran serta Kabupaten Bogor sebagai anggota TPO for Indonesia, terutama bagi Dinas Pariwisata, Badan Promosi Daerah dan PT Sayaga Wisata agar lebih aktif ikut serta pada agenda TPO Tahun 2020. Kedua ikut serta dalam memberi masukan dan mengembangkan projek baru tahun 2021/2022 yaitu TTN (Establisment of TPO Tourism Network) sebuah alat secara online yang memudahkan untuk melakukan konsultasi B2B atau bisnis to bisnis consulting, membuat kontrak dan melakukan transaksi. Ketiga berdasarkan pengalaman yang di share Kabupaten atau kota lain member TPO for Indonesia Kabupaten Bogor dapat membuat kebijakan, strategi dan program pemulihan pariwisata selama masa Pandemi Covid-19 menuju era new normal. Dan terakhir persiapan keikutsertaan Kabupaten Bogor dalam memeriahkan dan mensukseskan General Assembly ke 10 pada tahun 2021 di Sumatera Utara,” jelas Riny.

Pada rapat secara online hari ini hadir Kepala Bappedalitbang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Bogor dan PT Sayaga Wisata. (bgr)