by

Perbankan Serahkan Bantuan Penanganan Covid-19 kepada Gubernur

Hallobogor.com, Bandung – Kalangan perbankan di Jawa Barat (Jabar) menyampaikan sejumlah bantuan bagi Pemprov Jabar untuk penanggulangan Pandemi COVID-19.

Penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Jawa Barat yang masih terus meluas berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, baik sosial ekonomi maupun kemanusiaan.

Penanganan penyebaran Covid-19 di Jawa Barat ini tentunya tidak hanya menjadi tugas pemerintah namun perlu didukung oleh semua pihak, termasuk industri keuangan di Jawa Barat. Karena hanya dengan kolaborasi terintegrasi dan partisipatif antar pemerintah, otoritas-otoritas, para pelaku usaha dan masyarakat luas, upaya percepatan penanggulangan Covid-19 ini dapat membuahkan hasil.

Sebagai bentuk kepedulian sosial dan dukungan terhadap upaya penanganan penyebaran wabah Covid-19, Bank Indonesia bersama para pelaku industri perbankan yang tergabung dalam Badan Permusyawaratan Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Barat serta Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) dan Persatuan Pensiunan Bank Indonesia (PPBI) Jawa Barat menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap (disposable hazmat, masker, sarung tangan latex, google, hand sanitizer, face protection) dan alat kesehatan (ventilator lokal, infuse pump ENMIND, syringe pump ENMIND, patient monitor MEK) di Bale Pakuan pada Kamis (23/4/2020).

Bantuan ini sejalan dengan semangat pemerintah provinsi Jawa Barat dan kita bersama untuk “Kill The Virus, but not The Economy”, kita basmi virus Covid-19 tanpa mematikan perekonomian masyarakat.

Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Barat adalah wadah pegawai perbankan dan Bank Indonesia di Wilayah Jawa Barat. BMPD Jawa Barat memiliki 101 anggota yang berasal dari 67 perwakilan Bank Umum di wilayah Jawa Barat.

Sebagai salah satu komponen penting dalam perekonomian Jawa Barat, BMPD Jawa Barat selalu berupaya secara aktif memberikan kontribusi positif untuk mendukung pembangunan dan perekonomian Jawa Barat melalui berbagai program kerja di 4 (empat) bidang, yaitu Bidang Organisasi dan Kehumasan, Bidang Olahraga Seni dan Budaya, Bidang Pendidikan, dan Bidang Sosial dan Kerohanian.

Salah satu program kerja Bidang Sosial dan Kerohanian adalah pemberian bantuan sosial antara lain pemberian bantuan penanganan Covid-19 sebagaimana disampaikan hari ini.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, sekaligus Ketua BMPD Jawa Barat, Herawanto didampingi oleh Direktur Kepatuhan BJB sekaligus Wakil Ketua BMPD Jawa Barat, Agus Mulyana dan Ketua Bidang Sosial yang juga merupakan Regional CEO Bank Mandiri Region VI/Jawa 1, Sulaeman.

Bantuan diterima langsung oleh Gubernur Provinsi Jawa Barat sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada BMPD Jabar dan IPEBI Jabar yang telah berkontribusi bersama dalam mendukung percepatan penanganan wabah Covid-19.

“Tentunya, bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Jawa Barat,” katanya, Kamis (23/4/2020).

Sementara, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini merupakan wujud nyata kepedulian sosial keluarga besar Bank Indonesia dan industri perbankan Jawa Barat terhadap upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Jawa Barat.

Lebih lanjut, Herawanto berharap bantuan ini dapat mendukung percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Jawa Barat sehingga aktivitas masyarakat segera kembali normal dan roda perekonomian Jawa Barat kembali bergerak sejalan dengan, sekali lagi, semangat “Kill The Virus, but not The Economy”, kita basmi virus Covid-19 tanpa mematikan perekonomian masyarakat. (bar) #mediamelawancovid19