by

Kang Emil Sebut Patimban Bukan Sekedar Pelabuhan, Alasannya?

Hallobogor.com, Bandung – Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Kang Emil mengikuti rapat pembahasan rencana peresmian Pelabuhan Patimban tahap 1 bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (RI) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi via video conference di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (3/9/2020). 

Setelah mengikuti rapat tersebut, Kang Emil mengatakan, Pelabuhan Patimban dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan, terlebih pelabuhan tersebut masuk ke dalam segitiga emas Jabar di masa depan, yakni Rebana (Cirebon-Subang-Majalengka). 

“Nanti jangan hanya berfungsi sebagai pelabuhan, tetapi menjadi kota dengan 1 juta penduduk. Nanti orang tinggal di situ, bekerja di situ, sekolah di situ. Orang tuanya kerja di bidang kemaritiman atau pelabuhan,” kata Kang Emil. 

Menurut Kang Emil, pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) terkait desain master plan Patimban City. Dalam master plan tersebut, rencananya Patimban City akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik, seperti sekolah dan perkantoran. 

Kang Emil pun berencana memaparkan perencanaan Patimban City kepada Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Pelabuhan Patimban tahap 1 pada awal November mendatang.