by

Bikin Dapur Umum, Kelurahan Loji dan DKM Masjid Al-Falaq Sebar Puluhan Nasi Box

Hallobogor.com, Bogor Barat – Menarik donatur dari berbagai elemen berhasil membuat Dapur Umum Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat tetap ‘ngebul’. Sejak dibuka dapur umum pada (17/4/2020) lalu, hingga saat ini, Kelurahan Loji hampir setiap hari membagikan 40-50 nasi box untuk warga yang membutuhkan dan terdampak Covid-19.

Belum lama ini usai lebaran Kelurahan Loji kembali menggelar dapur umum dan memasak 200 nasi box untuk Lima RW di kelurahan Loji.

“Anggaran dapur umum sebagian besar dari bantuan kecamatan, Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor serta donatur warga dan teman-teman saya semasa sekolah dan kuliah,” ujar Lurah Loji, Ifftahudin, Rabu (3/6/2020).

Ia mengatakan, Dapur Umum Kelurahan Loji akan terus berlanjut sampai Jumat mendatang sebanyak 70 nasi box. Pembagian Nasi Box di Kelurahan Loji bekerja sama dengan RW Siaga Covid-19 mengingat mereka mempunyai data akurat warga yang layak diberikan nasi box, terutama yang sama sekali belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Mulai Rabu ini juga telah dilaksanakan Dapur Umum yang dikelola DKM Al-Falaq RW 6 dengan jumlah 40 nasi box,” jelasnya.

Ia menerangkan, pihaknya memang memberdayakan Masjid selain sebagai sarana ibadah juga untuk sarana sosial dan edukasi penanganan penanggulangan Covid-19. Tak ayal Masjid juga mengumpulkan donatur untuk mengisi lumbung pangan. Hal ini penting agar jika suatu saat dibutuhkan atau ada warga yang mengalami kekurangan pangan, DKM bisa mengirim bahan pangan ke warga.

“Dengan adanya dapur umum di kelurahan dan Masjid kami harap dapat membantu meringankan beban warga terdampak dan semoga kegiatan dapur umum ini tetap berjalan terus bukan hanya berasal dari swadaya masyarakat, tapi juga dukungan pemerintah daerah dan swasta,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Bogor Barat Rr. Juniarti Estiningsih mengatakan, di Kecamatan Bogor Barat memang melibatkan Masjid-Masjid besar untuk menarik donasi dari beberapa RW sekaligus menjadi lumbung pangan sehingga dapur umum bisa terus berjalan. Karena dapur umum bisa berjalan ketika ada yang berdonasi baik itu dalam bentuk sumbangan uang ataupun bantuan logistik.

“Jadi masyarakat yang ingin menyumbang bisa donasi ke Masjid dan semoga Masjid di seluruh Kota Bogor bisa menjadi lumbung pangan,” ujarnya. (bog) #mediamelawancovid19