by

Kembangkan Desa Wisata, Kelompok Tani Gandeng Perhutani Bukit Cimandala

Hallobogor.com, Cisarua – Untuk meningkatkan perekonomian, banyak cara yang bisa di lakukan oleh masyarakat desa, seperti yang dilakukan oleh Sudirman, tokoh kelompok petani.

Keinginannya untuk mendongkrak roda perekonomian di wilayahnya, mendorong Sudirman untuk melakukan kerjasama dengan pihak Perhutani, untuk membangun kampung wisata di hutan pinus Bukit Cimandala, Desa Batulayang, Kecamatan Ciasarua.

“Di wilayah Cisarua ini ada beberapa kelompok, termasuk Kelompok Tani Hutan Wisata (KTHW), kelompok kami di sini Bukit Cimandala,” kata Sudirman, Ketua KTHW.

Untuk menarik jumlah wisatawan yang datang ke bukit tersebut, Sudirman telah membangun beberapa pondokan dengan bahan material dari kayu, hanya toilet saja sedkit di tembok, sesuai dengan hasil kesepakatan dengan Perhutani dengan tetap menjaga kelestarian hutan. Bahkan pihaknya menambahkan tanaman hutan seperti pohon pakis, pohon kopi di bawah pohon tegakan yang ada.

“Kami mendapat SK dari Program Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (KULINKK), untuk daerah Bogor Puncak Cianjur dan Babakan Madang” katanya.

“Ini program dari pemerintah pusat di era pak Jokowi. Kami KTHW, secara bersama – sama mengelola kawasan wisata Bukit Cimandala, bekerja sama dengan perhutani, dengan sistem bagi hasil,” ungkap Sudirman.

Semua itu masuk dalam program desa wisata, yang selama ini mendapat batuan dari pemerintah Desa Batu Layang, berupa pembangunan kantor kesekretariatan.

Juga bantuan dari Provinsi Jawa Barat, sebesar Rp 1,5 Milyar, dan bantuan dari Bupati Bogor, sebagai hadiah sebesar Rp 1 milyar untuk pembangunan sarana dan perlengkapan.

“Tapi sayangnya semua bantuan itu baru diterima yang dari desa Batu Layang, berupa pembangunan kantor kesekertariatan, untuk bantuan provinsi dan dari Bupati, belum diterima, karena masalah Covid 19,” pungkasnya. (wan)