by

Kementan Alokasikan 1100 Hektare untuk Pertanian di Jabar

Hallobogor.com, Bandung – Direktur Aneka Kacang dan Umbi (AKABI) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Amiruddin Pohan mengatakan Kementerian Pertanian (Kementan) telah mengalokasikan lahan seluas 1.100 hektare yang dapat digunakan petani di wilayah Jabar.

“Tahun ini sekitar 1.100 hektare lahan kami alokasikan untuk Jabar, antara lain 100 hektare di Kabupaten Bandung, sisanya untuk Ciamis, Cianjur, Garut, Kuningan dan lainnya,” katanya di Bandung, Selasa (8/9/2020).

Ia menegaskan pertanian menjadi sektor yang paling aman selama pandemi Covid-19 sehingga perlu mendapatkan perhatian lebih di masa mendatang. “Terimakasih pak gubernur yang tetap konsisten memperhatian pertanian.”

Menurutnya sektor pertanian justru tumbuh sebesar 14 persen sementara sektor lainnya justru negatif. Namun menurutnya masih banyak yang harus diperbaiki agar sektor pertanian semakin maksimal mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Targetnya meningkatkan 7 persen dibandingkan tahun 2019. Menjaga kehilangan produksi dibawah 10 persen dengan teknologi dan varietas unggul,” ujarnya.

Dengan peningkatan produksi pertanian diharpakan impor pangan semakin berkurang di masa mendatang. (jbr)