by

KJOL Inovasi RSJ Jabar untuk Konsultasi Kejiwaan, Mau Nyoba?

Hallobogor.com, Bandung –  Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memiliki Crisis Center Pelayanan Kesehatan Jiwa yang di sebut KJOL atau singkatan dari Konsultasi Jiwa On Line. Layanan konsultasi jarak jauh ini sejalan dengan kondisi yang terjadi saat pandemi, dimana harus mengurangi konsultasi tatap muka.

KJOL ini diperkenalkan melalui seminar webinar yang dilakukan oleh RSJ Jabar dengan mengambil tema kesehatan jiwa dimasa pandemi. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadir singkat memberikan sambutan pada acara tersebut.

“Data Litbangkes menyebutkan di masa pandemi Covid-19 ini tercatat 6,8 persen masyarakat mengalami gangguan kecemasan,” jelas Ridwan Kamil.

Di Jabar, menurutnya harus dilakukan upaya nyata untuk membantu masyarakat yang mengalami kecemasan akibat Covid-19 ini. Terlebih pada 10 Oktober mendatang akan diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020.

“Kita harus menyikapi ini dengan mengembangkan crisis center di RS Jiwa Cisarua,” jelasnya.

Hal lainnya yang sudah dilakukan adalah membangun Kampung Walagri dan KJOL. Gubernur sangat mengapresiasi layanan KJOL ini. Konsultasi online KJOL dapat dilakukan melalui hot line WA, 081221292020.

Kampung Walagri menjadi salah satu pendekatan pelayanan kesehatan jiwa berbasis pemulihan yang bertujuan menjadikan Orang Dengan Gangguan Jiwa (OODGJ) dapat hidup produktif sesuai potensi dirinya, dan menurunkan stigma buruk tentang gangguan jiwa di masyarakat. Program inovatif ini dinamai sebagai program Kampung Walagri.

Sekretaris Dinas Kesehatan Jabar Dokter Siska Gerfianti yang hadir dalam acara tersebut menambahkan jumlah pasien gangguan kecemasan yang berkonsultasi ke RSJ mengalami kenaikan sebesar 14 persen dibandingkan waktu yang sama tahun 2019 lalu. “Laporannya cemas menghadapi Covid, cemas dengan banyaknya hoaks dan lain-lain,” tegasnya. 

Siska mengatakan konsultasi secara online dapat dilakukan juga melalui telepon crisis center Cisarua di nomor 022-27012 119, dan di satuan pelayanan klinik utama Grha Atma, Jalan Riau 11, Kota Bandung dengan hotline service di nomor 022-20509119. (jbr)