by

KNPI Jawa Barat akan Fokus Penguatan di Bidang Perekonomian

Hallobogor.com, Bogor Tengah -Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bogor dipercaya untuk menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) tingkat II DPD KNPI Jawa Jarat.

Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa barat Rio F Wilantara mengatakan, pada masa pandemi ini rekan-rekan pemuda ingin memberikan sesuatu dengan segala keterbatasannya.

Karena itu dengan inisiasi seluruh pimpinan pemuda se-Jawa Barat yang berkumpul di Kota Bogor untuk membuat suatu rangkaian kebijakan terkait dari wabah Covid 19 itu sendiri.

“Kenapa memilih Kota Bogor, karena Kota Bogor sebagai zona merah mempunyai sejarah panjang karena berdekatan dengan Istana Bogor. Ini yang ketiga secara geografis, kita sudah ke wilayah Selatan, Pantura dan sekarang di Bogor,” katanya usai pembukaan Rakorda DPD tingkat II Jawa Barat, Selasa (25/08/2020).

Rakorda yang di gelar disalah satu hotel jalan Ir H Djuanda Kota Bogor ini, Rio berharap kedepan, KNPI bisa memberikan suatu stimulus semangat kepada rekan-rekan muda se Jawa Barat.

Pemuda Penggerak Perekonomian

Dalam Rakorda ini dibahas tentang kekuatan ekonomi, sebab fase kedua setelah kesehatan adalah ekonomi, maka gerakan-gerakan ekonomi kerakyatan tetap kita angkat. Pemuda diharap untuk menjadi suatu motor penggerak ekonomi kerakyatan melalui koperasi.

“KNPI sebagai lembaga laboratorium pembangunan pemuda harus memberikan inisiasi untuk membangun kepada seluruh pemuda se Jawabarat,” ujarnya.

Rio menambahkan KNPI juga sudah membentuk lembaga Pemuda Tangguh Bencana dengan banyak kegiatan-kegiatan kesehatan, yakni pembagian masker, disinfektan dan lain-lain

Bagus Maulana Muhammad Ketua KNPI menambahkan, secara bersama-sama bersepakat dalam konsensus untuk menangani masalah kesehatan khususnya Wabah Covid 19 secara bersama-sama.

“Kali ini kita merasa bahwa pemuda sudah mulai memikirkan kekuatan ekonomi, jadi Rakorda DPD tingkat II yang dilaksanakan di Kota Bogor ini akan fokus ke masalah ketahanan ekonomi,” katanya.

“Ada beberapa aspek yang akan dibahas, mudah-mudahan ini menjadi kekuatan ekonomi baru untuk anak-anak muda di Jawa barat yang berjumlah 27 juta,” ucapnya.

Kesuksesan KNPI Bogor

DPD KNPI Kota Bogor didaulat menjadi tuan rumah dalam kegiatan Rakorda ini, lanjut Bagus, bahwasanya ini menggenapkan posisi prestasi di kepemimpinannya, bahwa segala aspek telah dilaksanakan oleh KNPI Kota Bogor.

“Kita sudah menggenapkan bahwa hari ini KNPI kota Bogor di bawah kepemimpinan saya sudah dengan sempurna melaksanakan kegiatan-kegiatan dan saya akan merasa tenang apabila besok atau lusa saya harus selesai mempimpin organisasi ini,” ujarnya.

Bagus menambahkan, dari hasil penilaian dan evaluasi, DPD KNPI Kota Bogor mempunyai kesiapan kemudian karena Kota Bogor mensosialisasikan dan mempublikasikan kegiatan-kegiatan di sosial media dan itu sangat penting, atas dasar itu KNPI Kota Bogor diperhatikan dan dianggap mampu untuk menjadi tuan rumah Rakorda KNPI Jawa Barat tingkat II ini.

Hadir dalam Rakorda Tingkat II Jawa Barat kali ini, yakni Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Wali Kota Bogor, Ketua DPRD Kota Bogor dan seluruh Ketua dan pengurus DPD KNPI se-Jawa Barat. (dns).