by

Komunitas Pekerja Pariwisata Puncak Mulai Benahi Koperasi

Hallobogor.com, Cisarua – Komunitas Pekerja Pariwisata (Kompepar), Kabupaten Bogor yang sudah memiliki koperasi juga keanggotaannya yang berdiri beberapa tahun lalu terus melakukan lagkah langkah untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bagi 60 anggotanya.

Beberapa waktu lalu, Kompepar melakukan rapat kerja yang dilakukan di hotel Ever Green Valley. Raker tersebut dilakukan untuk menghasilkan keputusan bersama melalui hasil musyawarah bersama para anggota juga pengurus koperasi.

Hasilnya, menurut keterangan Ketua Koperasi, M. Teguh Mulyana, didapatkan keputusan bersama dengan adanya pergantian kepengurusan di Divisi 2.

“Raker itu untuk membahas rencana kerja dan evaluasi kegiatan di Hotel Ever Green Valley. Hasil rapat tersebut didapatkan masukan dari para anggota harus adanya penggantian kepengurusan di Divisi 2,” katanya.

Hasilnya, antara pengurus koperasi dengan anggota tercapai kesepakatan penggantian dan pengangkatan untuk Divisi 2 yaitu :

  1. Divisi Litrenbang Penelitian Rencana dan Pengembangan
  2. Simpan Pinjam
  3. Perdagangan Umum
  4. Serba Usaha

Untuk sementara anggota koperasi Kompepar Puncak baru 60 orang lebih dan ke depannya akan pasti akan bertambah, ujar lelaki yang akrab dipanggil Bowi.

Masih dikatakan dia, dibentuknya koperasi itu seiring dengan semakin majunya dunia sektor pariwisata di kawasan Puncak yang memerlukan perhatian dari berbagai kalangan.

Baik dari pemerintan, masyarakat termasuk para pengurus Kompepar yang memiliki akses langsung dengan para pelaku usaha pariwisata.

“Dampak Covid-19 sangat dirasakan oleh para pelaku usaha pariwisata. Kendati demikian, melalui kepengurusan koprasi Kompepar yang baru, itu merupakan suatu tantangan. Kita harus tetap berdiri meskipun kondisi dunia usaha pariwisata sedang terpuruk. Dan kita berharap, kepada para anggota koprasi yang baru, harus seiring sejalan untuk kesejahteraan kita bersama,” pungkas Bowi. (dang).