by

Seleksi Sekda Kota Bogor Harus Hasilkan Pemimpin yang Berkualitas

Hallobogor.com, Bogor Tengah – Terhitung dari 29 Juli 2020 sampai dengan 21 Agustus 2020 Pemerintah Kota Bogor telah mengumumkan dan membuka pendaftaran secara terbuka dan kompetitif jabatan kosong untuk jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Kota Bogor yang dapat diikuti oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil.

“Dengan persyaratan yang ada diharapkan dapat menghadirkan sosok Sekda yang inovatif yang mampu menjadi koordinator, komunikator, kemampuan leadership yang handal juga sebagai fasilitator dalam menjembatani dan membantu Wali Kota Bogor,” jelas Ketua Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah HMI Cabang Kota Bogor Martin Jafar Nugraha kepada Hallobogor.com, Jum’at (30/07/2020).

Tidak cukup dengan 15 point persyaratan seleksi itu saja untuk menghadirkan sosok Sekda sebagai manajer Wali Kota yang hebat, tentu perlu memiliki kamampuan analisis yang matang pada kondisi daerah Kota Bogor.

Baca : Akhir Bulan Kota Bogor akan Punya Sekda Baru, Siapa? Ikuti terus Beritanya

Martin menyebut beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan Sekda dalam menjalankan program daerah. Termasuk soal pemahaman kondisi lingkungan Kota Bogor, Politik, Nilai Sumber Daya, dan kemampuan birokrasi.

Secara teoritis, unsur tersebut dapat menjadi kekuatan utama dalam mengelola program untuk kemajuan Kota Bogor.

“Sekda juga harus memiliki kompetensi berbagai pengalaman, kualifikasi pendidikan, pelatihan pendidikan khusus harus dimiliki oagar menjadi modal dasar sebagai pengemban amanah,” tambahnya

Martin berharap, pada tahap kontestasi seleksi terbuka ini Panitia Seleksi agar tetap memegang prinsip Bahwa amanah yang dijalakannya didasarkan atas kepercayaan, agar menghindari tindakan kecurangan.

“Tim seleksi harus adil sehingga tidak merugikan semua elemen terkhusus masyarakat Kota Bogor. Semoga mampu menghasilkan Sekretaris Daerah yang berkualitas, komunikatif, adaptif, dan bisa merangkul semua pihak,” katanya. (dns)