by

Kwarcab Pramuka Kota Bogor Gelar Pitaran Pelatih, Ini Pesan Kak Ade

Hallobogor.com, Bogor Tengah – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor menggelar Kegiatan Pitaran Pelatih di SMAN 9 Bogor, Jalan Mantarena, Kota Bogor, Sabtu (29/08/2020).

Kegiatan rutin tahunan Pitaran ini sedikit berbeda dari sebelumnya mengingat dilaksanakan di masa Pandemi Covid-19. 30 peserta dibagi menjadi dua, ada yang datang langsung maupun secara daring.

“Pitaran ini sangat penting. Apalagi di 2020 kegiatan kita lebih banyak lewat daring atau virtual,” ujar Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat.

Kak Ade sapaan akrabnya mengatakan, tujuan digelarnya pitaran ini untuk menjadi pengingat bagi para pelatih sekalipun tidak ada kegiatan pelatihan agar tetap konsisten menjalankan Dasa Dharma Pramuka yang diwujudkan dalam sikap perilaku.

Pasalnya, pelatih ini merupakan orang yang melatih calon-calon pembina pramuka, sehingga para pelatih memang dituntut lebih paham dan mampu dalam bersikap sesuai dengan sumpah pramuka.

“Kalau di pitaran ini lebih ke sharing dan belajar dengan narasumber yang kita hadirkan dari Kwarnas,” ujarnya.

Sekda Kota Bogor ini menambahkan, di masa Pandemi Covid-19 ini dan di tengah kondisi Kota Bogor yang berada di zona merah, Kwarcab Pramuka Kota Bogor akan melakukan recofusing anggaran untuk ketiga kalinya. Recofusing atau pergeseran anggaran ini dilakukan agar kegiatan kwarcab yang semula normatif menjadi kegiatan spontanitas pencegahan penyebaran Covid-19 membantu Pemkot Bogor.

“Sebelumnya sudah dua kali melakukan pergeseran anggaran. Jadi sekarang kegiatan yang tidak penting dialihkan untuk kegiatan Abdi Masyarakat dan Kominfo Kwarcab Pramuka Kota Bogor,” katanya.

Ade menjelaskan, di kegiatan Abdimas dilakukan kegiatan bagi masker dan nasi bungkus, sementara kegiatan di Kominfo yang saat ini sudah mempunyai TV Pramuka difokuskan menghadirkan konten Pramuka dan sosialisasi pencegahan Covid-19.

Meski begitu, ia menegaskan kegiatan tidak akan berhenti sampai disitu, kedepan akan lebih banyak kegiatan yang fokus pada pencegahan Covid-19.

“Sekarang Kota Bogor masuk di zona merah, saya minta Pramuka buat program ulang dan recofusing lagi untuk fokus kegiatan edukasi ke masyarakat,” tegasnya. (bgr)