by

Latihan Dayung dan Water Resque Ciptakan Tim Resque yang Handal

Hallobogor.com, Cibinong – Kwarcab Bogor Pramuka Peduli lakukan latihan mendayung dan water resque. Terhadap 200 anggota yang tergabung dari Pramuka peduli dan beberapa organisasi forum  pengurangan resiko bencana Kabupaten Bogor, di Setu Pendopo Cibinong Kabupaten Bogor. Hal itu dilakukan untuk menciptakan skiper dan pendayung handal yang siap turun membantu pelaksanaaan kebencanaan di Kabupaten Bogor.

Ketua Pelaksana Pramuka Peduli Bogor, Suhendar menjelaskan, ada 200 anggota yang turut serta dalam pelatihan mendayung dan water resque. Terdiri dari 50 anggota Pramuka Peduli Bogor, dan 150 anggota gabungan forum pengurangan resiko bencana Kabupaten Bogor, PMI, PPM Kabupaten Bogor, Senkom, Banser, NU termasuk orari dan rapi. Guna meningkatkan kemampuan dan keahlian Sumber Daya Manusia (SDM) Pramuka peduli maupun forum pengurangan resiko bencana Kabupaten Bogor.

“Meskipun jumlah anggota yang ikut latihan cukup banyak, tetapi kita tetap mematuhi protokol kesehatan salah satunya jaga jarak dan mengggunakan masker. Melalui pelatihan ini kami ingin menciptakan SDM yang handal dan profesional dalam menangani, menanggulangi serta mencegah bencana di Kabupaten Bogor,” bebernya.

Menurutnya, selain untuk meningkatkan kualitas SDM resque. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan budaya bersih dan peduli lingkungan. Salah satunya melalui aksi bebersih situ.

“Alhamdulilah kegiatan ini diakhiri dengan bebersih situ. Terlebih ditengah pandemi covid-19 ini kebersihan menjadi faktor penting dalam mencegah penyebaran covid-19 juga menjaga kesehatan,” tegasnya.

Sementara itu,  Sekretaris Kwarcab sekaligus Kabid Pencegahan dan Kesiap siagaan BPBD Kabupaten Bogor,  Dede Irmansyah menambahkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya guna menciptakan para skiper dan pendayung handal. Guna mengoptimalkan  penanggulangan bencana di Kabupaten Bogor.

“Target kami melalui pelaksanaan latihan mendayung dan water resque ini. Selain meningkatkan kemampuan tim resque di Kabupaten Bogor. Juga sebagai sarana kesiap siagaan kami dalam menghadapi bencana. Mengingat Kabupaten Bogor menjadi daerah yang rawan bencana,”imbuhnya. Perlu diketahui, acara Latihan Dayung dan Water Resque, di tutup dengan aksi bebersih situ. Hadir juga ketua PRB budi aksomo. (kab)