by

Lawan Bank Emok, BUMDes Teluk Pinang Diperkuat agar Biayai UKM

Hallobogor.com, Ciawi – Pemerintah Desa Telukpinang, Kecamatan Ciaawi mengelar Musyawarah desa. Dalam Rencana Kerja pemerintah Desa (RKPDes ) Tahun 2021, yang berlangsung di aula kantor desa, Senin (31/ 08/ 2020)

Berdasarkan kesepakatan bersama antara masyarakat, BPD, LPM, para tokoh, Ketua RT/RW, serta para kader PKK, diputuskan bahwa, skala prioritas untuk meningkatkan tarap perekonomian warga adalah memeperkuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes,” kata Kepala Desa Ahmad Rimfai.

Kepala Desa memaparkan, pihaknya akan menggali potensi yang ada di desa, dan memberdayakan masyarakat meningkatkan usaha kecil menengah (UKM) juga merupakan salahsatu program pemerintah desa yang sudah satu keharusan untuk terwujud.

“Bertujuan menciptakan kesejahteraan untuk warga, hasil kesepakatan bersama Musdes saat ini sudah jelas, untuk tahun 2021 perkuat BUMDes,” paparnya.

“Namtinya UKM yang terbentuk dari nol akan dapat bimbingan, pelatihan serta penyertaan modal dari BUMDes, adapun yang sudah berjalan tinggal pengembangan serta pemasaran yang akan di akomodir oleh pemerintah desa melalui BUMDes,” ungkapnya.

Menurut nya, selaku pimpinan merasa sangat priharin apabila UKM harus mencari permodalan lewat pinjaman Bank Emok alias rentenir.

BUMDes sementara ini bergerak pada simpan pinjam dengan penyertaan modal Rp 50 juta baru berjalan tiga bulan lalu, sudah meningkat saat ini menjadi Rp 74 juta, erdasar laporan dari ketua BUMDes.

“Target saya ke depan, di tahun 2021 nanti. Desa Telukpinang bebas dari Bank Emok,” pungkasnya. (wan)