by

Maskapai Bermesin Jet Mendarat Lagi Bandara Husein, Hayu ke Bandung

Hallobogor.com, Bandung – Kabar gembira bagi para pelancong yang ingin berwisata di Kota Bandung, Jawa Barat. Bandara Husein Sastranegara Bandung kembali bakal didarati maskapai komersil bermesin jet. Sebelumnya, bandara ini sempat ditutup selama pandemi.

Jika tidak terjadi perubahan maskapai Citilink,misalnya, mulai 21 Agustus mendatang akan membuka rute penerbangan dari dan ke: Bandung-Medan,Bandung-Pekanbaru,Bandung-Palembang,Bandung-Balikpapan dan Bandung-Denpasar.

“Informasi yang saya peroleh, Citilink akan kembali membuka rute penerbangan ke Bandara Husein Bandung dengan pesawat bermesin jet. Tentu ini menjadi kabar baik karena wisatawan bisa kembali menikmati keindahan Kota Bandung,” kata kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari ketika dihubungi Hallobogor.com, Jumat (14/8/2020).

Namun demikian, Kenny menghimbau kepada seluruh wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Bandung untuk tetap memperhatikan prokotol kesehatan.

Ditambahkan wanita energik ini, semua komponen masyarakat baik wisatawan atau pengunjung, Bandara Husein sendiri sebagai gerbang Kota Bandung harus secara konsisten menerapkan protokol kesehatan.

“Demikian juga dengan industri pariwisisata, mari kita sama-sama menjaga Kota Bandung menjadi destinasi wisata yang bersih, sehat dan aman untuk dikunjungi,” pintanya.

Harapannya bahwa Kota Bandung yang memang selalu “ngangenin” akan dikunjungi secara regular dengan kemudahan akses penerbangan ini.

“Dengan cara itu, maka dapat membantu mendorong pemulihan ekonomi di Kota Bandung,” tambahnya.

Disamping Citilink, maskapai lain seperti Lion Group juga akan mengoperasikan kembali maskapainya untuk  melayani penerbangan ke Bandung.

Citilink Percaya Diri

Dibagian lain, Citilink Indonesia yang selama ini dikenal sebagai  maskapai berbiaya rendah, kian percaya diri seiring dengan adaptasi kebiasaan baru (AKB) karena jumlah penerbangannya terus bertambah mendekati masa normal sebelum pandemi Covid-19.

Direktur Operasi Citilink Erlangga Sakti memastikan protokol kesehatan yang sangat ketat tetap berjalan di lini operasi, sehingga penumpang selalu merasa aman dan sehat menggunakan layanannya.

“Sementara ini kami sudah melakukan penerbangan per hari 57 penerbangan. Suatu peningkatan yang cukup signifikan bagi kami (setelat sempat berhenti operasi),” jelasnya, Rabu (13/8/2020) malam.

Saat ini sudah ada 36 destinasi yang dilayani oleh anak usaha Garuda Indonesia tersebut. Pihaknya juga membuka rute-rute baru guna menambah kepercayaan masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi udara.

Dia menuturkan sejumlah ruta yang sudah dibuka kembali diantaranya Surabaya-Banyuwangi, Bandung–Halim, Yogyakarta-Halim.

“Kita dari Citilink melakukan disinfeksi setiap harinya seluruh pesawat akan dan setelah selesai beroperasi. Ini dilakukan di area kokpit, karbin, dan kargo. Kami memakai cairan yang menggunakan standar regulator,” paparnya.

Di samping itu, terdapat teknologi HEPA Airbus 320; setiap pesawat ada dua HEPA, pesawat lebih lebar akan lebih banyak sistem sirkulasi udara HEPA ini.

“HEPA itu semacam filter yang memeiliki kemampuan untuk menyaring debu bahkan sampai ke hulu atau sesuatu yang renik [kuman dan virus] dengan persentasenya 99,99 persen hilang,” katanya.

HEPA tentu memiliki siklusnya dan diganti secara berkala setiap 5.000 jam untuk pesawat A320. Sedangkan pesawat A330 lebih panjang lagi 5.600 jam tiap penggantiannya.

Melalui sistem ini, udara benar-benar bersirkulasi dari atas ke bawah dengan jaminan setiap 2 menit sekali melalui proses filter sirkulasi ke luar dan udara kembali bersih. (adi)