by

Mendagri Tito Karnavian Sambut Baik Gagasan Desa Aman Covid-19

Hallobogor.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian, menyambut baik program dan lomba desa aman Covid-19 yang digagas Kementerian Pedesaan.

Menurut Mendagri,  dia berencana tidak hanya desa-desa, melainkan kelurahan-kelurahan juga memiliki program lurah aman covid beserta lomba kelurahan aman Covid-19.

“Sambil pararel Kemendagri juga mengajukan kepada Kementerian Keuangan, untuk mendukung kelurahan-kelurahan di kota-kota untuk membuat gerakan kelurahan aman Covid-19 sekaligus juga bisa dilombakan,” kata Mendagri, usai rapat virtual Kemendagri, Senin (10/8/2020).

Untuk mendukung rencana tersebut, pihaknya mengajukan permohonan anggaran kepada Menteri Keuangan untuk memperkuat kelurahan menghadapi pandemi Covid-19.

“Kami juga sudah mengajukan usulan kepada menteri keuangan, memperkuat juga kelurahan sebagai basis pertahanan juga atau perlawanan Covid-19,” ujarnya.

Menurut Mendagri,  gerakan aman covid tidak hanya dibutuhkan desa-desa melainkan juga kelurahan-kelurahan. Jika desa aman Covid-19 menggunakan dana desa, ia menyebut kelurahan aman Covid-19 didanai melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sembari Kemendagri mengajukan anggaran ke Menteri Keuangan.

“Kami upayakan termasuk anggarannya mudah-mudahan nanti bisa disetujui. Kami terus berusaha memperkuat kelurahan-kelurahan selain desa-desa,” tegasnya. (inf)