by

Mengenal Goa Tawanan, Goa yang Perawan di Kab Bogor Wilayah Timur

Hallobogor.com, Klapanunggal – Goa Tawanan berada di Kampung Cihanjuang, Desa Ligarmukti, Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor. Tidak jauh (kira-kira 2 km) dari pemandian Mata Air Sodong yang sudah terkenal luas.

Tidak banyak informasi mengenai Goa Tawanan ini, googling pun tidak menemukan informasi. Ada yang menduga karena ada ruangan seperti ruang tahanan dengan jeruji alami dari stalagtit.

Itulah secuil informasi yang diperoleh dari para goweser, pesepeda yang menuliskan kisah perjalanan atau mendeskripsikan suasana goa.

Di dalam goa, ada tempat seperti “aula” di dalam gua dekat pintu masuk. Di langit langit gua terdapat 3 bolongan, lubang besar sehingga sinar matahari menerobos masuk membuat dinding goa terlihat jelas.

Beberapa stalaktit dan stalagmit yang besar membuat gua ini eksotis. Masuk lebih dalam goa yang lebih gelap, stalagtit dan stalagmitnya tumbuh alami, masih meneteskan air.

Tidak tercium bau kotoran kelelawar, tidak diketahui apakah gua ini dihuni kelelawar atau tidak, nyamuk juga bersih.

Karena gua ini ada di ketinggian, dari luar goa kita bisa melihat view lembah hijau dan pesawahan di kejauhan. Keren, kita menikmati view sambil ngobrol ngobrol yang ringan bersama teman. Semoga keasliannya dijaga sama-sama. (*/bud)