by

Mulia, BKPRMI Bahu-membahu Bersihkan Masjid dan Musholla Bogor

Hallobogor.com, Bogor Tengah –
Ditengah pandemi COVID-19 ini tak menyurutkan semangat pemuda remaja masjid di Kota Bogor untuk hadir membantu dan menunjukkan eksistensi organisasinya di tengah masyarakat terutama kemasjidan, umumnya warga terdampak pandemi COVID-19.

Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Bogor, M Nurdat Ilhamsyah mengatakan dengan didukung oleh LPPDSDM, LPPTKA, LPPK Sakinah, dan Brigade Masjid (Brimasda) yang tergabung dalam Tim Satgas Covid-19 DPD BKPRMI Kota Bogor, menyisir masjid dan mushola se-Kota Bogor untuk melakukan Gerakan Bersih Masjid.

“Sudah hampir 3 bulan berjalan, kami lakukan aksi kegiatan membersihkan masjid dan mushola, termasuk membersihkan karpet, pel lantai masjid, WC (Toilet), hingga Penyemprotan desinfektan masjid dan mushola, demi menjaga ruhhiyah dan keimanan para jamaah masjid dalam beribadah, mengingat masa pandemi Covid tersebut yang kita ketahui bersama, banyak masjid dan mushola yang mengalami pengurangan jamaah atau dibatasi,” ucap Nurdat usai berkoordinasi dengan pihak Gugus Tugas yang di wakili Babeh Ori, di Crisis Center Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Minggu (21/06/2020).

Kegiatan Komunitas Anda juga bisa dipublikasikan di media ini. Tulis berita dan ceritanya (sertakan foto terbaik), lalu kirim via WhatsApp atau email Redaksi.

Hingga masa PSBB transisi dan jelang New Normal, lanjut Nurdat, BKPRMI terus hadir di tengah masyarakat menyampaikan amanah, dan bantuan dari para donatur, lembaga, badan serta Tim Satgas Covid-19 yang dibentuk pemerintah.

Untuk itu pihaknya bahu membahu untuk menyalurkannya bantuan tersebut ke masyarakat, diantaranya membagikan handsanitizer, masker kain, pembersih lantai, hingga pembagian sendal di masjid dan mushola yang rencananya akhir bulan Juni ini tersebar ke masjid binaan remaja masjid yang tergabung di BKPRMI Kota Bogor.

BKPRMI Kota Bogor berkomitmen menjadi mitra pemerintah untuk selalu aktif menghimbau aturan PSBB transisi , New Normal ke seluruh jamaah masjid mushola, warga kemasjidan, pemuda remaja masjid se-Kota Bogor agar senantiasa melakukan ibadah harian sholat berjamaah dengan memperhatikan standar protokoler kesehatan yang sudah disepakati bersama MUI dan DMI lembaga yang mewakili Keagamaan Islam di Kota Bogor.

“Himbauan tersebut yakni tetap jaga jarak, memakai masker, cuci tangan, tidak lama Berkumpul, jaga pola hidup sehat dan disiplin. Itu yang disampaikan dalam aksi giat bersih Masjid Mushola yang dilakukan oleh DPD BKPRMI Kota Bogor selama 3 bulan ini, dan kami haturkan terima kasih pula atas support dari pemerintah, DPP BKPRMI Pusat, DPW BKPRMI Jabar, tim Satgas Covid Kota Bogor, lembaga negara dan swasta, donatur dan relawan BKPRMI di tiap Kecamatan yang selalu mendukung dan support eksistensi organisasi ini hingga penuh pengabdian di tengah masyarakat kemasjidan dan keagamaan islam.

Sementara Taryat A Rahman (Ketua Tim Satgas Covid-19 BKPRMI KOTA BOGOR) menambahkan, pada tahap pertama kegiatan ini telah dilakukan pembagian pembersih lantai, serta pembagian sendal masjid, dimulai di Masjid Kecamatan Bogor Utara dan Bogor Barat dan Kecamatan Bogor Selatan. Sudah hampir 60 masjid yang di sambangi dan kita bersihkan. Termin ke-2, dan hari Senin, Minggu ini dimulai kembali di kecamatan Bogor Timur , Bogor Tengah dan Tanah Sareal,” jelas Taryat.

Sedangkan Syamsudin Komandan Brimasda Kota Bogor mengatakan, kekuatan personil anggota yang harian turut serta dan mendukung program bersih masjid ini, dengan menurunkan anggota Brigade masjid (Bimasda) Kota Bogor sekitar 10 hingga 20 orang Brigade yang merupakan para anggota yang telah mengikuti Diklatsar Brigade masjid sebelumnya, dengan semangat tanpa pamrih ikut berjibaku turun ke masyarakat mengabdi untuk Masjid dan Mushola, tandasnya. (dns).