by

Musdesus, Kades Sukamahi Ingin Validasi Data KPM Segera Difinalisasi

Hallobogor.com. Megamendung – Menindaklanjuti peraturan Menteri Desa dan surat edaran Bupati tentang perubahan prioritas penggunaan Dana Desa, Desa Sukamahi kecamatan Megamendung melakukan verifikasi penetapan data keluarga calon penerima BLT- DD yang dibahas dalam perubahan anggaran 2020 pada Musyawarah Desa khusus (Musdesus).

Kepala Desa (Kades) Sukamahi Mamat Budi mengatakan, dengan dilaksanakannya Musdes khusus ini, validasi data untuk calon penerima semakin baik. Sebab, data pada bantuan dari Kemensos, maupun baik dari provinsi, penerima tidak sesuai dengan data yang dikirimkan dari desa.

Kades mengungkapkan, sebelum Musdesus ini juga telah ditekankan kepada ketua RT /RW, agar data harus diteliti dengan benar jangan salah, untuk penerima BLT DD.

“Lakukan validasi sebagai finalisasi data secara musyawarah di wilayah, supaya tidak terjadi kecemburuan sosial, jangan asal tunjuk untuk menentukan penerima BLT – DD, petugas di wilayah, harus tahu betul dapurnya ,” ungkapnya.

“Keluarga penerima manfaat (KPM) dari BLT- DD sasarannya adalah untuk keluarga kurang mampu non-penerima PKH, program Penanggulangan kemiskinan dari Kementerian Sosial dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian akibat Covid-19, belum pernah terdata dan menerima bantuan pemerintah,” ujar Kades.

Kades berharap, Mudah-mudahan secepatnya bantuan langsung tunai (BLT) bisa dikucurkan sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pokoknya selama Pendemi Covid-19 belom usai.

Pada Selasa 19/ 05/ 2020 dalam acara musdesus. yang berlangsung di Aula kantor Desa, yang turut pula di hadiri, unsur musfika, pendamping Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, serta para ketua RT/ RW.(wan)