by

Owh Gawat, Ternyata Masih Ada yang Belum Merdeka di Cisarua

Hallobogor.com, Cisarua – Kondisi kali Cisarua semakin hari semakin memprihatinkan. Selain kotor disesaki pula dengan berbagai jenis sampah rumah tangga, Sungai Cisarua yang berada di hulu sungai Ciliwung itu pun dipenuhi dengan bangkai ayam yang disinyalir dari pasar Cisarua. Sungai ini benar- benar belum merdeka dari urusan sampah.

Menurut Ketua Pegiat Pelestari Lingkungan (Pepeling) Bogor Raya, Taufik Hidayat (44), kondisi ini terjadi sudah cukup lama, bahwa kotornya Sungai Cisarua ini diduga dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dimana sampah-sampah itu dibuang ke sungai tersebut.

“Sekarang sungai Cisarua tidak seindah dulu ketika waktu saya masih kecil. Kondisinya sudah kotor lantaran dipenuhi sampah-rumah tangga dan bangkai ayam,” ujar Taufik yang juga warga Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kabar Desa : Punya peristiwa menarik seputar desa Anda, atau kisah sejarah dan cerita seputar asal-usul desa Anda? Tulis dan kirimkan fotonya melalui whatsApp redaksi kami. Haturnuhun

Harus Ditindak Tegas

Ketua Pepeling meminta kepada aparat penegak hukum dan Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Bogor, hingga aparat tingkat Kecamatan dan desa untuk menindak oknum-oknum tersebut.

“Skaligus dicarikan solusi terbaiknya seperti apa. Sebab, jika dibiarkan maka kondisi Sungai ini akan semakin memprihatinkan,” terangnya.

Sebetulnya, dari Pepeling sudah beberapa kali melakukan bebersih di kali Cisarua ini dan hasilnya kami selalu menemukan sampah rumah tangga, terlebih sampah dari Pasar.

“Jadi, kami berharap Pemerintah untuk melakukan penindakan terhadap oknum-oknum yang sudah mengotori kali Cisarua,” pungkasnya, seperti dilaporkan Iwan Maulana Ardi. (*)