by

Pegiat Lingkungan Heran, Wakil Rakyat Belum Bersikap Soal Pungli

Halllobogor, com, Cibinong – Pegiat Pelestari Lingkungan (Pepeling) Bogor Raya mempersoalkan sikap diamnya wakil rakyat, anggota DPRD Kabupaten Bogor. Mestinya mereka responsif dan langsung bereaksi terkait adanya keluhan rakyat.

“Tolong DPRD jangan kehilangan fungsi kontrolnya. Anda harus tunjukkan kepedulian kepada rakyat, lakukan monitoring terkait laporan warga, kata Dewan Pembina Pepeling Kota Bogor, Iwan Syafwan kepada Hallobogor.comHallo Media Network (HMN), Selasa (25/8/2020).

Baca : Soroti Kasus Pungli, AMPB Minta Tim Saber Pungli Turun Tangan

Iwan meminta agar DPRD jangan mengabaikan hal ini, bukan tidak mungkin jika tidak melakukan langkah tegas dalam daftar memonitor DPRD, masalah ini dapat menjadi bumerang.

“Misalnya, bisa saja nanti ada dugaan yang menuding anggota dewan yang terhormat ini dianggap sebagai bagian dari sindikat pungli ini, atau dianggap melonggarkan fungsi pengawasan,” katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudi Susmanto yang dimintai tanggapaanya seputar dugaan pungli di instansi PUPR masih enggan berkomentar.

Bupati Harus Turun Tangan

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pengusaha penyedia jasa rekanan asal Cisarua, Jonarudin blak – blakan kepada awak media terkait modus pungli yang dialaminya

Iwan juga minta Bupati sebagai pimpinan daerah juga harus berani melakukan sanksi terhadap dinas yang disinyalir melanggar hukum, agar tidak memunculkan anggapan negattif.

Menurut Iwan, pungli merupakan sikap koruptif yang harus dibasmi, selain merugikan, pungli juga sangat membebani rakyat, karena apapun bentuk dan wujudnya pungli merupakan tindakan melawan hukum yang mesti diberantas.

“Memang persoalan pungli ini ibarat hantu yang sulit dijerat, karena bisa jadi tindakan ini terorganisir menjadi semacam sindikat kejahatan. Tapi ini kan sudah ada pengakuan korban, mestinya gampang dikomfrontasi untuk menemukan oknumnya,” pungkasnya. (wan)