by

Penetapan WBTB Momentum Warga Jabar Cinta Warisan Leluhur

Hallobogor.com, Bandung – 11 karya budaya dari Jawa Barat telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam Sidang Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Direktorat Perlindung  Kebudayaan, pada Jumat (9/10/2020).

Ke-11 WBTB tersebut yaitu Angklung Sered,  Tutup Taun Ngemban Taun, Dulag, Upacara Ngamandian Ucing, Upacara Mikul Lodong, Upacara Perkawinan Kasultanan Cirebon, Tari Merak Sunda, Getak Winangun, Misalin, Ngikis dan Upacara Seba Kabuyutan Ciburuy. 

Kepala Bidang Kebudayaan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Febiyani mengharapkan, penetapan 11 WBTB Jawa Barat menjadi WBTB Indonesia menjadi momentum peningkatan kecintaan warga Jawa Barat sekaligus motivasi untuk semakin aktif melakukan langkah nyata dalam upaya pelindungan terhadap warisan leluhur. 

“Penetapan WBTB ini bukan langkah akhir dari proses panjang pemajuan kebudayaan tapi harus ditindaklanjuti dengan berbagai program pengembangan, pembinaan, dan pemanfaatannya,” ucap Febiyani, seusai mengikuti Virtual Zoom Meeting Sidang Penetapan Warisan Budaya Tak Benda. 

Menurut Febiyani, tahun 2020 ini Disparbud Jawa Barat selain mendaftarkan WBTB ke tingkat nasional, juga berupaya untuk meningkatkan jumlah karya budaya dari kabupaten dan kota yang akan diajukan untuk ditetapkan menjadi WBTB di tingkat provinsi. 

“Pada tahun 2020 saat ini ada 32 karya budaya yang menjadi WBTB Jawa Barat atau melebihi target semula yang hanya 27 karya budaya. Dari 32 tersebut kemudian diajukan ke tingkat nasional melalui aplikasi berbasis online dan ditetapkan sebanyak 11 karya budaya,” katanya. (jbr)