by

Pengawas Diminta Menjadi Agen Perubahan yang Kreatif dan Inovatif

Hallobogor.com, Cisarua – Wakil Bupati (Wabup) Bogor, Iwan Setiawan membuka Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (eselon IV) Angkatan II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor, bertempat di Hotel Pesona Anggaraini, pada Senin (7/9/2020).

Dalam sambutannya Wabup Bogor, Iwan Setiawan mengatakan pejabat pengawas memiliki peran yang sangat menentukan dalam perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan memimpin bawahan dan organisasinya serta mensinergikan seluruh stakeholder strategis secara efektif dan efisien termasuk dalam memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

“Tugas selaku pengawas menuntut para pejabat untuk memiliki kompetensi kepemimpinan operasional yaitu kemampuan baik dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi sampai dengan mempertanggungjawabkan semua kegiatan yang dilaksanakan,” katanya.

Iwan juga menegaskan Pemerintah Kabupaten Bogor bertekad dan berkomitmen untuk bangkit melakukan pemulihan serta tetap produktif membangun daerah ditengah keterbatasan dan perjuangan memutus penyebaran dan penularan covid-19, demi terwujudnya visi Kabupaten Termaju, Nyaman dan Berkeadaban melalui Program Pancakarsa.

“Pelayanan masyarakat dan pembangunan harus tetap dapat berjalan meskipun dalam berbagai keterbatasan, oleh sebab itu Aparatur Pemerintah saat ini harus adaptif menciptakan inovasi dalam pelaksanaan tugas agar tetap efektif memberikan layanan terbaik dalam lingkup internal birokrasi maupun pelayanan publik kepada masyarakat,” ujarnya.

Wabup juga berharap para pejabat yang profesional dan kompeten serta mampu bertindak selaku agen perubahan yang kreatif dan inovatif dalam pembaharuan dan mengatasi persoalan di lingkungan unit kerjanya masing-masing.

“Tantangan kondisi pandemi telah menyebabkan perubahan semua segi kehidupan serta pola pikir, pola gerak serta menguji kecepatan pengambilan keputusan sehingga kita semua dituntut untuk bersikap antisipatif dan adaptif terhadap perkembangan kondisi,” harapnya. (bgr)