by

Peringatan HUT ke-75 RI Kota Bogor, Upacara dan Doa hingga Aksi Sosial

Hallobogor.com, Bogor Tengah – Upacara Peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia tingkat Kota Bogor tetap akan digelar di Plaza Balai Kota Bogor, Jalan Juanda, Bogor Tengah, Senin (17/8/2020) mulai jam 07.00 WIB. 

Dalam upacara tersebut Wali Kota Bogor Bima Arya akan bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto sebagai pembaca naskah proklamasi dan Mayor (Pnb) Boy Nanang dari Pangkalan Udara TNI AU Atang Sendjaja (Lanud ATS) bertindak sebagai komandan upacara.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Bogor Rudiyana mengungkapkan upacara tersebut akan dilaksanakan dengan jumlah peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku.

“Tamu undangan yang hadir langsung pada upacara di Balaikota juga terbatas tanpa mengurangi kekhidmatan  upacara peringatan HUT ke-75 RI. Kami juga akan menyiarkan langsung prosesi ini melalui kanal Youtube Pemerintah Kota Bogor untuk bisa diikuti masyarakat dan pejabat lainnya secara daring dari kantornya masing-masing,” ungkap Rudiyana, Minggu (16/8/2020).

Tamu undangan yang dimaksud adalah Wakil Wali Kota Bogor, Ketua DPRD Kota Bogor, Komandan Lanud Atang Sendjaja Bogor, Komandan Korem 061/Suryakencana, Kepala Polresta Bogor Kota, dan Komandan Kodim 0606/Kota Bogor, Kepala Kejaksaaan Negeri Kota Bogor, Ketua Pengadilan Negeri Kota Bogor, Komandan Denpom III/1-Siliwangi Kota Bogor, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor dan Sekretaris Daerah Kota Bogor.

Tidak hanya peserta yang dibatasi, personel upacara pun dirampingkan jumlahnya di masa pandemi ini. Untuk tiga orang Paskribraka yang ditugaskan sebagai pengibar bendera adalah Raphael Audi Vaganian dari SMA Regina Pacis Bogor, Juandoyo Hari Sukoco dari SMA Negeri 8 Kota Bogor dan Muhamad Alif Rosdiansyah dari SMA Negeri 6 Kota Bogor.

Sebelum upacara di Balaikota, Bima Arya akan memberikan orasi dihadapan para Camat dan Lurah di Lawang Salapan, Tugu Kujang jam 06.00 WIB. Orasi tersebut terkait refleksi hari kemerdekaan di tengah pandemi. Di mana sebagai aparatur wilayah, harus berada digrada terdepan dalam ‘perang’ menghadapi Covid-19.

Setelah melaksanakan upacara peringatan HUT RI, Bima Arya bersama Forkopimda akan mengikuti doa bersama lintas agama di kawasan Tugu Kujang pada jam 08.00 WIB untuk mendoakan agar pandemi ini segera berakhir dan ikhtiar yang sudah dilakukan berbagai elemen dalam penanganan Covid-19 mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Kemudian wali kota dan jajaran Forkopimda akan mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi dari Istana Negara Jakarta secara daring di ruang Paseban Sri Bima Balai Kota Bogor jam 09.30 WIB.

Pada jam 12.30 WIB, acara dilanjutkan dengan prosesi pemberian remisi bagi narapidana di Lapas Paledang. Kemudian dilakukan simbolis penyerahan bantuan bagi Veteran dan pembagian masker di Kelurahan Sempur, Babakan Pasar, Baranangsiang dan sejumlah titik lainnya bersama Forkopimda pada jam 13.30 WIB.

Kegiatan pun ditutup dengan upacara penurunan bendera atau gelar senja tingkat Kota Bogor pada jam 16.45 WIB di halaman Balai Kota Bogor. Dalam kesempatan tersebut, bertindak sebagai inspektur upacara Kajari Kota Bogor Bambang Sutrisna dan komandan upacara Mayor Tek Laode Awal Rahmat dari Lanud ATS.

Sementara tiga Paskibraka yang bertugas Aldo Al-Hambra Faisal dari SMK Negeri 1 Bogor, Akbar Restu Semendo Putra dari SMK Permata 1 Bogor dan Muhamad Raflian Prakasa dari SMK Tridharma 2 Bogor.

Sebelumnya, pada Minggu (16/8/2020) jam 23.45 WIB juga telah digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Dreded, Bogor Selatan, Kota Bogor. (kot)