by

Persatuan Umat Islam & Karang Taruna Desa Sipak Sosialisasi Taman Baca

Hallobogor.com, Jasinga – Diikuiti kalangan pelajar dan masyarakat, Persatuan Umat Islam (PUI) dan Karang Taruna Desa Sipak Sosialisasi Taman Baca Tahun 2020 yang bertempat di Saung Buana Pura Kampung Parung Sapi RT 003/010 Desa Sipak, Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor, Ahad (26/7/2020).

Dengan mengambil tema, “Buku Gudangnya Ilmu, Membaca Adalah Kuncinya” kegiatan tersebut di inisasi organisasi PUI ranting Sipak dan Karang Taruna Desa Sipak.

Koordinator Kegiatan Taman Baca, Didin Khaerudin menuturkan, keberadaan taman baca tersebut untuk membangkitkan serta menumbuhkan minat dan budaya baca di era kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini.

Menurut Didin, membaca tidak lagi menjadi sebuah rutinitas hidup, melainkan kerjaan sampingan serta pengembangan literasi.

“Kegiatan ini tentunya merupakan kegiatan yang positif dalam rangka membangkitkan serta menumbuhkan minat dan budaya baca. Apalagi, di era kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, membaca tidak lagi menjadi sebuah rutinitas hidup, melainkan kerjaan sampingan saja serta pengembangan literasi masyarakat Indonesia Khususnya di daerah Kecamatan Jasinga dan Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PUI Ranting Sipak Ahy Fadli juga berpendapat, segala pihak tentunya menyambut baik kegiatan positif ini. Dia berharap pemerintah daerah kabupaten/ kota dan provinsi ikut ambil bagian untuk merencanakan kegiatan yang serupa. Kegiatan gemar membaca dalam rangka meningkatkan budaya baca dan literasi masyarakat kita.

“Kegemaran membaca merupakan aktivitas yang mudah sebenarnya, akan tetapi sulit meluangkan waktu untuk melaksanakannya.
Ketidak-gemaran membaca membuat kita terasa amat kecil, dunia terasa sempit dikarenakan sedikitnya informasi yang kita peroleh. Padahal, informasi dan ilmu pengetahuan dari waktu ke waktu semakin lama semakin bertambah pegetahuan,” ungkapnya.

Perpustakaan hanya diisi diktat dan kisi-kisi, sebut Ahy, sedikit yang bisa menghidupkan imajinasi. Terpujilah mereka yang gigih sebarkan bahan bacaan, kepada mereka yang haus ilmu pengetahuan.

“Merekalah yang menyodorkan jendela dunia, agar anak-anak bangsa dapat berpikir seluas cakrawala. Agar kita menjadi bangsa yang maju, menjadi bangsa yang melahirkan para penemu,” pungkasnya. (*/tba)

Kabar Komunitas : Laporkan aktivitas dan prestasi Komunitas ataupun Organisasi Anda untuk dipublikasikan media ini. Tulis dan kirimkan fotonya melalui whatsApp redaksi kami. Haturnuhun