by

Petani Hutan Bogor Tetap Panen di Tengah Wabah Corona

Hallobogor.com, Kabupaten – Wabah virus corona (covid-19) tak menghentikan petani hutan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk memanen hasil bercocok tanam. Beberapa tanaman yang sudah membuahkan hasil adalah tanaman kehutanan, tanaman selain kayu (MPTS), tanaman sela (sereh wangi), serta budidaya tanaman di bawah tegakan berupa jagung, kacang tanah, umbi-umbian, dan empon-empon.

“Di tengah mewabahnya covid-19, masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani hutan (KTH) ini tetap bekerja produktif,” kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Helmi Basalamah, Rabu (1/4/2020).

KTH di Kabupaten Bogor ini aktif berkat binaan dari Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Bogor bersama para penyuluh kehutanan. BDLHK Bogor memberdayakan masyarakat sekitar melalui program Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Diklat Rumpin.


“Mereka tetap bekerja produktif dengan tetap waspada mengikuti kebijakan dan arahan dari pemerintah,” kata Helmi.

Sejumlah KTH mitra BDLHK Bogor adalah KTH Babakan Setu yang beranggotakan 25 orang, KTH Lio Maju (24 orang), KTH Lebak Sawo (25 orang), dan KTH Barokah Hijau (45 orang). Keempat KTH ini didampingi masing-masing dua penyuluh kehutanan dan tiga tenaga bakti rimbawan. (med) #mediamelawancovid19

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.