by

Politisi Demokrat Nilai Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor Cukup Transparan

Hallobogor.com, Bogor Timur – Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor yang selama ini menjadi tim koordinasi penanganan percepatan wabah virus Corona atau Covid-19, sudah cukup kooperatif dalam hal transparansi.

Seperti yang di sampaikan Anggota DPRD Kota Bogor Anita Primasari Mongan dari fraksi Partai Demokrat, bahwa selama ini tim Gugus Tugas Covid-19 yang di nahkodai Dedie A Rachim yang juga Wakil Walikota Bogor sudah gamblang menyampaikan segala informasi kaitan dengan penanganan wabah Covid-19 di Kota Bogor.

“Kalau maksimal mungkin belum ya, tapi bertahap. Tapi untuk transparan, ketua gugus tugas sudah jelaskan dengan gamblang semua kok di rapat kerja Pansus dan cukup transparan,” ucapnya melalui pesan singkat (WhatsApp) pada, Kamis (18/6/2020).

Anita juga mengatakan, hal tersebut sempat disampaikan Wakil Walikota Dedie A Rachim bahwa Gugus Tugas juga hanya menerima 8.000 paket sembako dengan jenis campuran dan sudah didistribusikan.

Untuk jumlah nominal uang ada sekitar 400 juta masih utuh. Untuk soal Anggaran Biaya Tidak Terduga (BTT) ada di OPD bukan di Gugus Tugas.

Sebagai rincian :

  1. Urusan verifikasi data dan penanganan dapur umum di berada di Dinas Sosial
  2. Urusan pendistribusian Bantuan sosial ada di BPBD
  3. Urusan penanganan kuratif dan insentif Nakes ada di Dinkes
  4. Urusan faskes di RSUD.

Terkait statement Bima Arya tentang mendukung dewan soal tranparansi, Anita menambahkan, memang Dewan itu sangat menjunjung tinggi prinsip tranparansi.

Sejauh ini Gugus Tugas sudah cukup korporatif dalam hal tranparansi, hanya mungkin di awalnya saja belum maksimal. Akan tetapi seiring perjalanan, kami mulai menerima data-data dari dinas-dinas terkait.

“Sebetulnya itu yang kami butuhkan agar kami dapat melakukan tupoksi kami dalam mengawasi anggaran untuk penanganan Covid. Bukan untuk mencari masalah atau salah siapa, tapi lebih kepada agar anggaran penanganan Covid ini tepat sasaran”.

“Gugus tugas tidak mengelola anggaran, semua di kelola oleh dinas-dinas di bawah arahan Gugus Tugas,” tandasnya. (dns)