by

Pusat Informasi Koordinasi Covid Terintegrasi LaporCovid-19

Hallobogor.com, Bandung – Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins meluncurkan platform LaporCovid-19 via Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar) melalui telekonferensi di Gedung Pakuan, pada Rabu (30/09/2020).

LaporCovid-19 merupakan platform sesama warga untuk berbagi informasi terkait Covid-19, dimana nantinya, seperti halnya laporan keramaian yang masuk ke platform LaporCovid-19 via Pikobar akan ditindaklanjuti oleh dinas terkait, salah satunya Satpol PP Provinsi Jabar sehingga akan memudahkan penanganan Covid-19.

Jawa Barat adalah provinsi ketiga yang memiliki LaporCovid-19 setelah DKI Jakarta dan Jatim. Dan Jawa Barat dipilih sebagai provinsi prioritas karena salah satunya memiliki inovasi Pikobar masuk Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 dari Kemenpan RB. 

Proyek ini merupakan bagian dari Program Digital Access Kedutaan Besar Kerajaan Inggris Raya dan akan dilaksanakan bersama Pemerintah Indonesia. 

Menurut Gubernur, kolaborasi yang dilakukan antara Pemda Provinsi Jabar dengan Kedutaan Besar Inggris menjadi bukti dari lima prinsip yang diterapkan Gugus Tugas Jabar dalam penanggulangan Covid-19, yaitu prinsip  proaktif, ilmiah, transparansi, inovasi dan prinsip kolaborasi. 

“Pada dasarnya Jawa Barat selalu terbuka terhadap apa yang sedang kita lakukan. Jadi, apa yang sedang kita kerjasamakan ini sebenarnya memenuhi kurang lebih lima prinsip Jawa Barat dalam menangani COVID-19 hadir,” ucapnya.

Gubernur mengatakan, kerja sama dengan LaporCovid-19 ini ada unsur proaktifnya, ilmiah karena base on data, transparansinya yaitu melaporkan apa adanya yang menjadi hak publik, inovasinya menggunakan digital system, dan ada unsur kolaborasinya dengan kerja sama. 

“Saya punya prinsip my leadership value is good data creates good decision, bad data creates bad decision, no data no decision. Makanya I need good data to make a good decision,” lanjutnya.

Gubernur mengucapkan terima kasih kepada Co-Team Leader LaporCovid-19 dari Yayasan Warga Berdaya untuk Kemanusiaan dalam mewujukan kerja sama Pikobar dengan LaporCovid-19 ini.

“Terima kasih khususnya kepada Ibu Irma selaku teknis kerja sama di-support penuh oleh Kedutaan Besar Inggris, luar biasa. We won’t forget, Pak Dubes, how you support West Java in the fundamental way. Atas nama Provinsi Jawa Barat kami mengucapkan terima kasih,” ungkapnya. (jbr)