by

Rumah Sakit Rujukan Virus Corona Tidak Ada di Bogor, tapi Ada di Sukabumi

Hallobogor.com, Kota – Ada 100 rumah sakit rujukan untuk virus corona atau Covid-19 yang sama dengan rumah sakit rujukan yang pernah digunakan untuk perawatan pasien flu burung di seluruh Indonesia.

Di Jawa Barat ada 7 rumah sakit yang dijadikan rujukan penanganan Covid-19. Ketujuh rumah sakit tersebut adalah RSU Dr Hasan Sadikin Bandung, RSU Dr Slamet Garut, RSU Gunung Jati Cirebon, RSTP Dr H.A Rotinsulu Bandung, RSU R. Syamsudin Sukabumi, RSU Indramayu dan RSU Subang.

Sedangkan di DKI Jakarta ada tiga rumah sakit rujukan yaitu RSPI Dr Sulianti Saroso, RSU Persahabatan dan RSPAD Gatot Subroto.

Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni menyatakan, rumah sakit rujukan untuk Covid-19 sama dengan rumah sakit rujukan yang pernah digunakan untuk perawatan pasien flu burung.

Baca juga : Ini Daftar Lengkap 100 Rumah Sakit Rujukan untuk Infeksi Virus Corona

Sementara itu Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono memastikan, mekanisme pelayanan rujukan, fasilitas dan petugas kesehatan sudah sesuai standar WHO.

“Kami sudah mempunyai ruang isolasi, sudah mempunyai laboratorium yang mampu melakukan pemeriksaan salah satunya novel corona virus,” kata Anung seperti dikutip dari VOA.

Penetapan rumah sakit rujukan flu burung berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor 414/M6nkos/Slglv/20. (bud)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.