by

Sampah Masih Jadi Penyebab Meluapnya Saluran Irigasi Telukpinang

Hallobogor.com, Ciawi – Banjir, longsor merupakan bencana yang sering terjadi dikala musim penghujan tiba, seperti yang terjadi di desa Telukpinang. Akibat hujan yang terus mengguyur sejak Senin mengakibatkan saluran meluap membanjiri perkampungan.

Passca bencana tersebut pihak Unit Pelayanan Teknis (UPT) Infrastruktur Irigasi klas A wilayah IV Ciawi langsung terjun membersih kan saluran yang di penuhi sampah pada Selasa (22/09/2020).

Kepala UPT Eka Sukarna mengatakan, sudah menjadi pekerjaan rutin bagi pihak UPT menangani saluran Telukpinang baik musim hujan maupun musim kemarau, disaat saluran kering bahkan dilakukan normalisasi.

Eka menghimbau kepada warga desa yang berada di sekitar yang dilintasi saluran irigasi agar masyarakat jangan sampai selalu membuang sampah pada saluran.

“Harus ada nya kesadaran yang tinggi, antara masyrakat dan pihak pemerintah harus sinergi, dari mulai rt/ rw dan kepala desa, perlu juga adanya penambahan tempat penampungan sampah,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Desa Telukpinang Ade Rifai mengatakan, sebenarnya peristiwa ini bukan lah berita baru setiap kali hujan deras, banjir seperti ini selalu terjadi di wilayahnya.

Dan bila ini tidak diupayakan penanganannya secara tepat, tentu saja sampai kapan pun ini akan jadi persoalan. Karena saluran ini selalu meluap akibat tumpukan sampah yang terseret dari hulu saluran.

“Wilayah Desa ini berada paling bawah dari saluran ini, sehingga terlebih dahulu yang terkena danpak apabila saluran irigasi ini meluap ,” ujarnya.

Kades atas nama warga meminta kepada pihak yang terkait agar segera melakukan upaya yang lebih lagi agar ada solusi mengenai permasalahan ini

“Saya berharap beberapa kepala desa yang wilayahnya dilewati saluran ini mengadakan koordinasi dengan Camat dan pihak UPT Kebersihan, serta UPT Pengairan, guna membicarakan persoalan ini agar ada solusi untuk penanganannya,” pungkas nya. (wan)